Pantai Sanur, Tempat Tepat Berburu Sunrise | pantai sanur bali

Kayanya hampir ga ada, wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ke Bali dan melewatkan Pantai Sanur. Salah satu pantai favorit di Bali, satu dari pantai terindah yang dimiliki oleh Indonesia ini memang tak pernah sepi pengunjung. Pantai Sanur telah menjadi objek wisata tujuan utama turis yang berkunjung ke Pulau Dewata. Pantai Sanur berada persis di sebelah timur kota Denpasar, masuk wilayah kecamatan Denpasar Selatan. Salah satu keunggulan pantai Sanur adalah Sunrise, letaknya yang berada di sebelah timur pulau Bali semakin menunjang Sanur sebagai tempat untuk menikmati Sunrise pilihan.

pantai sanur bali

Sunrise Pantai Sanur Bali 01
pantai sanur bali
Sunrise Pantai Sanur Bali 02

Pantai Sanur relatif memiliki ombak yang tenang  sehingga aman untuk melakukan kegiatan wisata seperti menyelam dan snorkeling. Karena air lautnya yang ramah, kegiatan menyelam dan snorkeling ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa terbatas tingkat keahlian dengan bimbingan ahli tentunya. Di bagian sebelah utara pantai Sanur berbentuk melingkar setengah lingkaran dan sementara di bagianair lautnya tidak begitu besar, dan saat air surut maka akan terlihat batu karang warna-warni indah di pandang.

pantai sanur bali

Turis Pantai Sanur Bali 01
pantai sanur bali

Turis Pantai Sanur Bali 02

Sejarah pantai Sanur sudah di ada sejak jaman Bali Kuno, hal ini bisa di buktikan dengan tugu batu bertulis (Prasasti Blanjong) yang tidak lain adalah  prasasti dari Raja Kasari Warmadewa yang hidup di tahun 917 Masehi, prasasti itu terdapat di Blanjong, selatan pantai Sanur. Sementara di era 1900an Sanur sudah tercatat menjadi saksi sejarah mendaratnya tentara Belanda

Yang meng invasi pulau Bali sehingga akhirnya memicu terjadinya perang Puputan Badung. Sejak kejadian Invasi di tahun 1906 itu, Sanur juga menjadi pilhan A.J. Le Mayeur seorang pelukis Belgia beristrikan wanita loka Ni Polok. A.J. Le Mayeur yang menjadikan Sanur sebagai tempat tinggalnya sering mengadakan pameran tunggal di tempat ini, karena kebesaran namanya nama Sanur pun ikut terangkat mendunia.

Untuk menuju Pantai Sanur ini dari Denpasar menempuh jarang sekitar 3 km dan jika dari bandara internasional Ngurah Rai jaraknya sekitar 18 km. Untuk menju Sanur sangatlah mudah karena banyaknya kendaraan umum yang melayani rute Denpasar-Sanur yang cukup ramai. sangat mudah dicapai karena banyaknya kendaraan umum yang sangat ramai antara Sanur – Denpasar. Untuk tempat penginapan sebagai salah satu tempat kawasan wisata pantai yang favorit dan terkenal tidak akan sulit menemukan hotel bertaraf internasional seperti Hotel Grand Bali Beach, Hotel Sindhu Beach, Hotel Sanur Beach, Hotel Hyatt hotel-hotel mewah itu terletak sepanjang timur dan tenggara pantai Sanur yang Indah.

Sedikit tips untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Sanur hendaknya membawa perlengkapan pantai untuk menikmati suasana pantai  Sanur dan bermain-main dengan ombak pantai yang  relatif tenang tapi menawan. Karena Sanur terkenal dengan Sunrisenya maka bangunlah lebih pagi dari tidur dan datanglah ke lokasi pantai pada waktu menjelang pagi.

Tag: , ,