Garuda Wisnu Kencana, Taman Kebanggaan Bali

Di sebuah perbukitan, tampak gagah dan berdiri kokoh sebuah patung Garuda Wisnu.  Perwujudan sebuah burung Garuda dengan tinggi 12 meter di lahan pertamanan seluas 240 hektar,  Taman Wisnu Kencana (GWK: Garuda Wisnu Kencana) menjadi obyek wisata budaya yang cukup popular di bali. Lokasi taman ini berada di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali. Patung Garuda Wisnu adalah karya seniman patung ternama, I Nyoman Nuarta symbol kekuatan yang memberikan kesejahteraan dari tunggangan Dewa pemelihara alam yang bijaksana, Dewa Wisnu.

Garuda Wisnu Kencana dibangun diatas dataran tinggi berbatu kapur.  Dari ketinggian bukit ini  wisatawan bali_gwk2dapat melihat keindahan alam di sekitar  kawasan Bali selatan dengan leluasa.  Inilah salah satu daya tarik obeyk wisata GWK.

 

Pertunjukan Wisata

Wisatawan yang berkunjung di taman GWK dapat melihat   Lotus Pond sebuah area yang sangat luas yaitu 4000 m2. Pemandangan menjadi lebih indah lagi saat anda melihat bukit – bukit kapur berwarna putih yang menjulang tinggi di sekitar lokasi. Lotus Pond yang memiliki kapasitas daya tamping  7000 sangat cocok untuk  tempat penyelenggaraan  event massal bertaraf internasional.

Taman GWK adalah saksi berbagai pertunjukkan seni yang sukses digelar di Bali. Pertunjukkan yang menghadirkan seniman – seniman kelas dunia pernah diadakan di lokasi ini. Taman GWK menjadi semacam tempat  ajang kompetisi dan pertunjukkan yang bisa mengharumkan nama Indonseia di mata Internasional.

Patung GWK yang merupakan ciri khas taman ini, dibuat berdasarkan kisah Mahabarata. Dalam salah satu bagian kisah monumental tersebut dikisahkan seekor Burung Garuda yang ingin membebaskan sang Ibu dari Perbudakan. Dia dengan sukarela, mengabdikan seluruh hidupnya untuk Dewa Pemelihara Alam, Dewa Wisnu agar bisa membebaskan Sang Ibu.  Dan tentu saja dengan pengabdian yang diberikan pada Dewa Wisnu tersebut, bukan hanya Sang Ibu yang bisa lepas dari perbudaan, tetapi secara tidak langsung Burung garuda tersebut juga telah berjasa karena perannya menjadi alat transportasi Dewa Pemelihara Alam.

Bagaimana Menuju Ke Lokasi GWK

Untuk mencapai lokasi Taman Budaya GWK yang terletak di Bukit Ungasan, di Jalan Raya Uluwatu, Kelurahan Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali wisatawan tidak akan menemukan kesulitan. Obyek wisata Taman Budaya GWK terletak di bagian selatan Pulau Bali ini hanya berjarak  sekitar 40 kilometer dari Kota Denpasari.  Dari Kota Denpasar, wisatawan dapat  naik  jasa taksi, atau menyewa mobil . Jika anda telah ikut paket wisata yang banyak ditawarkan agen wisata, biasanya kunjungan ke taman GWK telah masuk dalam satu paket dengan obyek-obyek wisata lainnya di kawasan selatan Bali, seperti Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Dream Land, Tanjung Benoa, Jimbaran, Pura Luhur Uluwatu,  serta obyek-obyek wisata lainnya.

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,