Dataran tinggi Dieng, panorama keindahan alam dan keasrian Jawa Tengah

Dataran tinggi Dieng adalahsebuah dataran tinggi yang terletak di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dan letaknya berada di perbatasan antara Wonosobo dan kabupaten lainnya di Jawa Tengah yakni Banjarnegara. Dataran tinggi ini berada pada ketinggian 2.000 meter di atas laut, sehingga membuatnya meiliki udara yang segar serta di tutupi oleh cuaca yang berkabut. Keindahan alamnya juga sangat mengagumkan dengan adanya danau yang berwarna hijau dan kuning airnya juga sangat jernih sehingga saat berada diatas air danau wajah kita oun nampak seolah bercermin. sehingga danaunya di namakan danau cermin.

Selain itu sebagai sebuah tempat di dataran tinggi, Dieng di yakini sebagai sebuah tempat suci dan sakral jaman dahulu hal ini bisa terlihat dengan adanya banyak candi yang terdapat di kawasan ini. Candi di daerah ini memiliki corak Hindu dengan arsitektur yang indah dan unik.  Serta dinamai dengan tokoh-tokoh dalam cerita Mahabrata seperti Gatot kaca, Arjuna, Bima maupun Srikandi. Banyak pihak yang meyakini bahwa candi-candi tersebut dahulunya digunakanuntuk tempat tinggal oleh para pendeta yang menyebarkan ajaran Hindu di sekitaran Dieng dan lainnya.

diengUntuk menikmati napak tilas dan kilasan sejarah yang terjadi di kawasan Dieng, maka pengunjung dapat menyambangi Dieng Plateau Theater, yakni sebuah tempat yang berupa bioskop untuk menyediakan informasi tentang apa saja kejadian alam yang pernah terjadi di kawasn Dieng kepada pengunjung. Dieng Plateau Theater ini memiliki tempat yang bisa menampung sampi 100 kursi untuk penonton, di depan Theater terdapat sebuah taman indah yang bisa di gunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan melihat panorama pemandangan alam kaswan dataran tinggi dieng yang indah.

Menurut sejarah nama ‘Dieng’ berasal dari sebuah nama yang berasal dari bahasa Sansekerta dan di bangun oleh dua kata yakni Di yang memiliki arti tempay yang tinggi serta Hyang yang berarti tempat dewa dan dewi. Dataran tinggi tempat bersemayamnya dewa dan dewai menjadi cocok adanya untuk menggambarkan kawasan dieng. Karena selain tempatnya yang memang tinggi dan sejuk indah juga terdapat candi-candi sakral untuk memuja dewa.

Dataran tinggi Dieng berada di wilayah Wonosobo, daerah ini bisa di capai dengan mudah baik dari Wonosobo, smerang, magelang maupun Yogyakarta. Jika dari Yogya maka perjalanan menempuh waktu 3 jam sementara dari kota Wonosobo berjarak 25 kilometer. Jika dari Yogyakarta bisa di tempuh dengan cara naik bis ke Magelang, dari Magelang di lanjutkan dengan naik kendaraan umum ke Wonosobo. Dan dari Wonosobo perjalanan di lanjutkan menggunakan minibus menuju kawasan dataran tinggi Dieng.

Dari Desa ini perjalanan bisa mudah di lakukan hanya dengan berjalan kaki dan meinkmtai indahnya dataran tinggi Dieng, untuk akomodasi di desa sekitar terdapt berbagai penginapan dan losmen sederhan yang cukup nyaman.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,