Rekomendasi Banget, Berikut 5 Obyek Wisata Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat Yang Mengagumkan

Mungkin belum banyak travellers yang tahu jika di kabupaten Dharmasraya, Sumatera ini memiliki berbagai keindahan alam dan tempat wisata yang sayang sekali jika dilewatkan. Kabupaten Dharmasraya juga memiliki beberapa peninggalan sejarah, salah satunya adalah Rumah Gadang yang merupakan pemukiman bagi keluarga kerajaan. Sebab, di tanah Dharmasraya dulunya telah berdiri kerajaan Melayu yaitu kerajaan Swarnabhumi. Untuk destinasi wisatanya kabupaten Dharmasraya tidak perlu diragukan lagi. Berikut adalah ulasan tentang 5 obyek wisata kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat yang wajib dikunjungi:

1. Air Terjun Timbulun

Jika Anda berkunjung ke daerah kabupaten Dharmasraya dan ingin menikmati keindahan alamnya, datang saja ke Air Terjun Timbulun. Air terjun ini terletak di Jorong Kubang Panjang Kenagarian IV Koto, Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Air terjun Timbulun ini menyuguhkan pesona yang alami dan dikelilingi oleh pohon karet. Selain menikmati sejuknya air terjun, ada juga kolam pemandian yang cukup aman untuk berenang bersama teman atau anggota keluarga tercinta. Tak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan kolam pancing yang telah disediakan oleh pihak pengelola untuk bersantai menangkap ikan. Untuk biaya masuk, pengunjung dikenakan tarif Rp. 5000 per kepala tanpa biaya tambahan lagi.

2. Danau Hijau

Danau ini dinamakan Danau Hijau sebab warnanya yang memang berwarna hijau. Danau ini dulunya adalah bekas tambang batu bara yang memiliki lubang besar menganga ditengahnya hingga terbentuklah sebuah danau. Jadi, keberadaan danau ini bukanlah terbentuk secara alami. Danau ini juga sangat memanjakan mata dengan keindahan alamnya sehingga membuat danau ini menjadi tempat yang favorit dikunjungi muda-mudi untuk mengabadikan momen.

3. Bukit Burung Surga

Objek wisata yang satu ini memang tergolong objek wisata baru. Objek wisata Bukit Burung Surga ini memang baru dibuka pada pertengahan bulan Maret lalu, namun antusiasme pengunjung sangatlah besar hingga objek wisata ini selalu ramai terlebih pada libur Lebaran 1440 H, Bukit Burung Surga dipadati oleh pengunjung. Bukit Burung Surga yang dibangun diatas tanah seluas 4 hektar ini memiliki tempat bermain dan bersantai, antara lain rumah kelinci, rumah burung merpati, dan rumah kecil sebagai spot foto bersama teman atau keluarga. Untuk kedepannya, akan dibangun replika kapal dilahan yang masih kosong, sehingga pengunjung akan merasa berada didalam kapal sungguhan dan bisa berfoto diatas kapal tersebut.

4. Gua Cigak

Gua Cigak berada di Kampung Surau, Pulau Junjung, Kabupaten Dharmasraya. Dari pusat kota, Anda harus menempuh sekitar 390 km untuk sampai di Gua Cigak dan menikmati keindahan stalaktit alami dan kesegaran air jernih yang berada disekitar gua. Memang lokasi yang ditempuh untuk sampai ke Gua Cigak ini cukup jauh, dan juga menangtang serta membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya, namun dengan keindahan alami yang disuguhkan oleh Gua Cigak, perjalanan panjang dan menguras tenaga tersebut terbayarkan sudah.

5. Rumah Gadang Kerajaan Siguntur

Rumah Gadang ini termasuk peninggalan sejarah pada zaman kerajaan Islam. Di dalamnya terdapat benda-benda peninggalan kerajaan oleh raja ke-7, yaitu Tuanku Bagindo Ratu. Kini, rumah bersejarah yang terketak di Kerajaan Siguntur, Kecamatan Sitiung ini dijadikan sebagai obyek wisata di daerah kabupaten Dharmasraya.

5 obyek wisata kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat ini memang layak dan wajib untuk dikunjungi jika Anda mampir ke daerah Sumatera Barat, anda juga bisa menjadikan salah satu dari 5 obyek wisata Kabupaten Dhamasraya Sumatera Barat sebagai destinasi favorit anda. Selamat berlibur!

Tag: