Kerjasama Pariwisata Indonesia – Malaysia, Yogyakarta, Georgetown, Kinabalu dan Ipoh

Yogyakarta membaca sebuah peluang yang bagus dengan membuat persetujuan kerjasama dengan  pemerintah kota Georgetown,  Ipoh dan  Kinabalu dalam bidang pariwisata.  Kesepakatan ini tentu akan menarik wisatawan untuk berlibur di ke empat kota tersebut.

Kerjasama empat  kota, Yogyakarta, Georgetown, Ipoh dan Kinabalu Malaysia jelas akan banyak memberikan manfaat, mereka dapat saling  berbagi, belajar dan memberikan masukan untuk pengembangan sektor pariwisata di masing masing kota mengingat persaingan industry pariwisata yang semakin ketat.

Kesepkatan ini  akan ditindaklanjuti dengan permintaan persetujuan kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Yogyakarta dan Georgetown memang memiliki kelebihan dan kekurangan di bidang pariwisata.  Kerjasama kedua diharapkan dapat memberikan masukan bagi kedua kota untuk menutupi kekurangan –  kekurangan mereka.  Seperti kita ketahui Yoyakarta memiliki beberapa keunggulan di sektor pariwisata dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Wisata budaya adalah keuntungan dari Yogyakarta. Oleh karena itu  Kinabalu salah satu kota di Sabah Malaysia dapat belajar banyak  pada Yogyakarta tentang Pariwisata Budaya.Sementara  Kinabalu yang memiliki kekayaan hutan tropis dan wisata bahari itu bergantung pada “eco tourism” sebagai produk utama pariwisata dapat berbagi pada Yogyakarta tentang produk unggulan kota ini.yogyakarta_kinabalu_malaysia

Angka kunjungan Turis Malaysia di Yogyakarta saat ini cukup tinggi, bahkan wisatawan yang berkunjung ke Malaysia menduduki peringkat ketiga setelah Belanda dan Jepang . Yogyakarta adalah kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan Malaysia.  Wwisata budaya dan kuliner di Yogyakarta memang memiliki daya tari tersendiri.

Sebuah penerbangan langsung sangat diperlukan untuk mendukung program kerja sama ini. Penerbangan langsung pulang – pergi  Yogyakarta,  Georgetown, Ipoh, Kinabalu  harus segera direalisasikan sebagai tambahan penerbangan dari Yogyakarta ke Kuala Lumpur.

source:http://healthytourism.blogspot.com

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,