5 Tujuan Wisata Kabupaten Simeulue Aceh

DOHOLIDAYTOURGUIDE.COM – Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Aceh memiliki segudang potensi wisata yang sangat bagus dan cantik. Aceh kini kembali bangkit dan pulih setelah sebelumnya tersapu bencana tsunami pada 2004 lalu. Bagi anda yang sedang berkunjung di Aceh dan sekitarnya karena tugas atau pekerjaan, sayang jika anda melewatkan tempat-tempat wisata menarik yang menjadi andalan Negeri Serambi Mekah ini. Salah satu daerah yang bisa menjadi pilihan wisata anda adalah Pulau Simeulue. Pulau Simeulue termasuk dalam kawasan kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Kabupaten Simeulue ini berlokasi di tengah Samudera Hindia atau sekitar 150 km sebelah barat Aceh. Karena letaknya yang dikelilingi Samudera Hindia, Lokasinya yang terpisah dari Pulau Sumatera menjadikan Kabupaten Simeulue ini memiliki spot tujuan wisata, terutama wisata pantainya yang sangat indah. Nah bagi anda yang belum mengetahuinya, berikut 5 tujuan wisata Kabupaten Simeulue Aceh yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Mincau

Salah satu tujuan wisata Kabupaten Simeulue yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Mincau. Pasir putih, laut biru jernih dan suasana yang masih bersih membuat Pantai mincau menjadi salah satu destinasi wisata paling dicari oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pemandangan dan suasananya dijamin akan membuat anda serasa sedang berada di luar negeri. Pantai Mincau memang menjadi salah satu hot destination di Kabupaten Simeulue.

2. Danau Laut Tawar

Kok laut tawar? Mungkin itu yang ada dikepala anda ketika membaca tulisan ini ya! Jadi konon, dulu danau ini airnya asin karena lokasinya yang berdekatan dengan muara. Daerah sini juga tergenang ketika laut pasang, namun, lama kelamaan, air danau berubah, menjadi tidak lagi asin, dan ikan-ikan yang hidup pun merupakan jenis ikan air tawar. Menarik bukan? Danau dengan air yang jernih ini cukup dalam, jadi tidak boleh berenang disini ya!

3. Pantai Ganting

Salah satu tujuan wisata kabupaten Simeulue Aceh yang ketiga adalah pantai Ganting. Pantai ini letaknya tidak begitu jauh dari ibukota Kabupaten Simeulue. Pantai dengan air yang jernih dan pemandangan indah ini banyak dipilih karena suasana pantainya yang sangat tenang, Nyaris tidak ada ombak besar disini, begitu tenang dan sejuk karena banyak tumbuh pohon cemara di sekeliling pantai ini.

4. Danau Lembah Air Terjun Putra Jaya

Danau Lembah Air Terjun Putra Jaya ini berlokasi di wilayah kampung Air Simeulue. Disini kita dapat menikmati kesejukan khas lembah yang dikelilingi pepohonan dikanan kirinya. Selain itu, air di lembah ini juga sangat dingin dan sejuk, cocok bagi anda yang sedang mencari ketenangan atau melepas penat setelah seminggu bekerja. Danau Lembah Air Terjun Putra Jaya ini juga memiliki air terjun yang airnya sangat jernih dan menyegarkan pastinya.

5. Pantai Alus-Alus

Karena lokasinya yang sangat strategis, Kabupaten Simeulue memiliki banyak pantai indah yang sayang jika tidak Anda kunjungi. Ada salah satu pantai lagi yang menarik yakni Pantai Alus-Alus yang berlokasi di wilayah Teupah Selatan. Pantai Alus-alus menjadi tujuan wisata menarik bagi anda yang gemar surfing atau berselancar. Mungkin anda belum tahu bahwa pantai ini pernah menjadi tuan rumah kejuaraan selancar internasional lho! Keren kan?

Nah itu tadi 5 tujuan wisata Kabupaten Simeulue Aceh menarik yang sayang jika anda lewatkan jika sedang berkunjung ke Aceh. Satu lagi yang tak boleh anda lewatkan, selain tempat wisatanya yang menarik, ada satu makanan di Simeulue bisa jadi tak ada duanya, Mie Lobster Simeulue. Ya, lobster menjadi salah satu komoditas unggulan yang perlu anda coba ketika datang ke Kabupaten Simeulue. Selamat vacation!

Tag: ,