5 Destinasi Wisata Kabupaten Pasaman Sumbar

Kabupaten Pasaman ini letaknya berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Ibu kota dari kabupaten ini terletak di Lubuk Sikaping. Kabupaten Pasaman ini memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menawan, dari wisata alam hingga wisata sejarah semua terdapat di sini. Berikut ini merupakan 5 destinasi wisata di kabupaten Pasaman yang dapat Anda kunjungi ketika berada di kabupaten ini.

1. Taman Wisata Alam Rimbo Panti

Taman Wisata Alam Rimbo Panti letaknya berada di Kecamatan Panti, Pasaman, Sumatera Barat. Taman wisata alam ini memiliki area yang luas yaitu sekitar 570 hektar, di dalam taman wisata ini terdapat koleksi dari berbagai macam spesies tanaman dan hewan, termasuk tanaman dan hewan langka. Di taman yang rimbun pepohonan ini, pengunjung yang datang dapat melihat-lihat keanekaragaman flora dan faunanya, selain itu taman wisata ini juga menawarkan udara yang segar dan sejuk serta pemandangan yang cukup indah. Di taman wisata ini juga terdapat sumber mata air panas yang suhunya dapat mencapai 100 derajat celcius, namun sayangnya kolam pemandian air panas dan gedung herbarium yang terdapat di taman ini belum dikelola secara maksimal.

2. Puncak Tonang

Puncak Tonang ini merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal di Sumatera Barat dan sekitarnya. Tempat wisata ini mulai terkenal sejak tahun 2017 silam. Puncak ini merupakan taman bunga yang luas, sebelum jadi taman bunga Puncak Tonang ini awalnya adalah kawasan hutan yang terbengkalai. Berkat kerja keras dan semangat gotong royong masyarakat sekitar, hutan ini mulai dirawat dan ditanami bunga. Di sini terdapat berbagai macam jenis bunga yang cantik lagi indah, selain itu di taman bunga ini juga sudah terdapat sejumlah property yang dapat Anda jadikan background saat berfoto. Di sini Anda dapat berfoto ria maupun membuat vidio yang instagramable banget.

3. Lubuk Bonta

Lubuk Bonta yang terdapat di Pasaman ini merupakan pemandian alam berbentuk telaga, tempat ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Walaupun sudah sedari dulu sebagai objek wisata, sayangnya Lubuk Bonta kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah, ini terlihat dari pengelolaan yang belum dikerjakan secara maksimal. Sehingga tempat wisata ini pun menjadi cenderung terbengkali dan tidak terawat.

Di Lubuk bonta ini selain pemandangan alam sekitar yang rindang dan indah, di dalam air lubuk ini juga terdapat banyak ikan, dari ikan yang berukuran kecil hingga ada pula yang berukuran cukup besar, biasanya ikan-ikan ini sesekali muncul ke permukaan air. Namun, perlu diketahui ikan-ikan di Lubuk Bonta ini tidak boleh dipancing ataupun ditangkap. Terdapat larangan untuk menangkap dan memakan ikan dari lubuk ini, masyarakat sekitar percaya bahwa akan terjadi musibah bila larang ini dilanggar.

4. Bukik Tujuah

Bukik Tujuah ini lebih dikenal dengan nama Bukit Teletubbie, letak bukit ini berada di Kecamatan Rao Selatan, Pasaman, Sumbar. Bukit ini dikatakan seperti bukit Teletubbies karena Bukit Tujuah terdiri atas gundukan-gundukan bukit yang dihiasi tumbuhnya pepohonan yang rimbun dan hamparan hutan yang terlihat hijau, seperti bukit yang berada di film teletubbies. Bentang alam bukit ini membuat setiap mata yang memandangnya menjadi betah untuk berlama-lama.

5. Air Terjun Ciracai

Air terjun ini merupakan bagian dari Sungai Pindahan yang letaknya terdapat di Nagari Pindahan, Kecamatan Lubuak Sikapiang. Air terjun ciracai ini sebetulnya terdapat tujuh tingkat dan jika pengunjung ingin melihat dan menikmati keindahan alamnya di tiap tingkatnya maka harus melewati medan yang cukup sulit dan ekstrim. Jadi harus tetap berhati-hati ketika ingin menjajaki setiap tingkatan air terjun Ciracai ini.

Demikian tadi beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi saat berada di kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Ingat dimanapun Anda berada tetap jaga kebersihan dan menjaga kelestarian alam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Sekian dan terimakasih.

Tag: