Yeh Sanih, tempat pemandian air panas yang menghadap ke laut

Objek wisata Yeh Sanih atau Air Sanih adalah tujuan wisata yang berupa tempat pemandian air panas. Objek wisata ini terletak di desa Yeh Sanih, Kecamatan Kubutambahan, kabupaten Singaraja dan termasuk ke dalam salah satu tujuan wisata yang ada di Bali Utara. Pemandian air panas Yeh Sanih memiliki lingkungan yang masih hijau alami, asri dan sanagat menenangkan karena tempatnya terletak dari pusat keramaian yang bising. Air panasnya sangat nyaman untuk berendam seolah mendapatkan pijatan relaksasi yang menyegarkan. Dengan kondisi inilah maka Yeh Sanih cocok untuk semua pungunjung yang mengidamkan kedamaian dan ketentraman.

Objek wisata Yeh Sanih ini berdekatan dengan objek wisata Pantai Lovina yang terkenal, letaknya berhadapan dengan laut lepas yang indah dan air yang di tampung di pemandian yang terbuka untuk umum ini juga bermuara ke laut. Di sekitar pemandian air panas Yeh sanih ini juga terdapat sebuah pura yakni Pura pondok batu yang di tujukan untuk dewa wisnu. Letaknya 7 km ke timur Yeh Sanih, pura yang indah ini memiliki ukiran batu batur yang sangat halus yang letaknya di tengah area pura.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumber air panas Yeh Sanih ini berasal dari  Danau Batur yang letaknya ratusan kilometer jauhnya dari tempat ini. Selain itu air yang langsung berasal dari mata air Yeh Sanih ini sering di pakai untuk keperluan  upacara suci agama Hindu.

Pura pondok Batu berada di antara pantai dan jalan, sekitar 7 km di timur Yeh Sanih, pura ini memiliki ukiran batu kapur yang sangat halus di tengah area pura. Selain pura Pondok batu masih ada pilihan tempat lain yakni galeri seni yang di kenal dengan Galeri Seni Symon, nama Symon di ambil dari seorang seniman asal Amerika yang menyimpan hasil karya tangannya yang kuar biasa dan berharga di galeri ini.

Koleksinya pun tidak hanya pada lukisannya saja tetapi ada juga patung- patung yang bernilai seni tinggi. Lukisan Symon di kenal bernuansa riang eksotis dan homoerotik, pengunjung terkadang di buat berdiri bermenit-menit lamanya di depan sebuah lukisan yang ada di galeri seni ini hanya untuk mencoba menerka pesan dan nilai yang terkandung dalam lukisan tersebut. Galeri seni ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 malam dan terletak 5,7 km sebelah timur dari jalan Singaraja.

Untuk menuju Yeh Sanih yang eksotis serta menentramkan ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan bus dari Singaraja dan berhenti di Yeh Sanih. Jaraknya hanya 17 km dari kota Singaraja. Jika anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi maka jangan lupa untuk mengisi bahan bakar mengingat rentang pom bensin di sini yang jauh sampai kota terdekat yakni Amlapura. Jika hendak pulang dari Yeh Sanih, untuk mengisi bahan bakar Pom bensin terletak di timur Yeh Sanih.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,