Pilihan Kuliner Halal di Bali Bagi Pelancong Muslim
image source: pexels.com

Pilihan Kuliner Halal di Bali Bagi Pelancong Muslim

Makanan halal sedang meningkat di Bali sekarang karena sebagian besar wisatawan adalah Muslim. Muslim sangat ketat dalam hal makanan dan memiliki standar halal sebagai pedoman. Ada banyak pilihan tempat makan yang bisa dicoba jika Anda berlibur di Pulau Dewata. Beberapa di antaranya menyajikan olahan khas laut seperti udang dan ikan, hingga daging ayam maupun bebek.

Ragam Pilihan Kuliner Halal di Bali dengan Cita Rasa yang Khas

Hidangan khas Bali sangat terkenal dengan racikan bumbunya dengan kandungan rempah-rempah lokal. Beberapa di antaranya adalah Ayam Betutu Men Tempeh, Bebek Bengil, Nasi Tekor, hingga Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku. Berikut ini ulasannya untuk kamu.

1.Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk

Sebagai makanan paling ikonik di Bali, banyak restoran yang menyediakan kuliner ayam betutu sebagai sajian utamanya. Salah satunya adalah Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk dengan citarasa khas lokal Pulau Dewata.

Salah satu pilihan kuliner halal di Bali ini telah hadir sejak tahun 1978 hingga saat ini. Menunya adalah daging ayam utuh, satu bakul nasi putih, seporsi sayur, sambal, dan kacang-kacangan.

2.Bebek Bengil, Ubud

Bebek Bengil disajikan dalam baluran krispi yang renyah sehingga makanan satu ini banyak disukai oleh pembeli. Salah satu ciri khasnya adalah, bagian kulit hingga tulangnya digoreng kering hingga terasa renyah.

Bebek disajikan dengan makanan lainnya seperti nasi putih dan tiga jenis sambal, yakni matah, cabai goreng, merah, hingga lawar. 1 porsinya dihargai sekitar Rp 94.000 – Rp 141.000 untuk empat orang.

3.Nasi Tekor, Denpasar Timur

Kuliner halal di Bali berikutnya adalah Nasi Tekor di daerah Kertalangu, Denpasar Timur. Menu utamanya adalah nasi campur khas Pulau Dewata, dengan tambahan lauk seperti sambal Bali, hingga kuah ares.

Sedangkan untuk makanan tambahan lainnya adalah lauk lawar biu batu, kacang goreng, dan ayam serapah atau ayam panggang. Satu porsinya disajikan secara tradisional dengan alas daun pisang di anyaman bambu.

4.Bale Udang Mang Engking

Restoran satu ini memiliki satu jenis kuliner yang khas dengan bahan utamanya adalah udang. Meski demikian, sajiannya diolah menjadi bermacam-macam rasa sehingga pengunjung bisa memilih menunya sesuai dengan selera masing-masing.

Salah satu menu andalan kuliner halal di Bali itu adalah Hurang Ageung. Di mana berbagai jenis udang disajikan dalam satu wadah besar, sehingga seporsinya bisa dinikmati oleh banyak orang sekaligus.

5.Olahan seafood di Teba Café Jimbaran, Jimbaran Badung

Teba Cafe Jimbaran lebih dikenal sebagai tempat makan yang menyediakan olahan khas laut (seafood). Hampir semua jenis makanan tersebut ada di sana, dengan tambahan berupa sayur plecing dan sambal matah.

Lokasinya tepat berada di tepi Pantai sehingga pengunjing akan disajikan dengan pemandangan laut sambil menikmati makan. Menunya terdiri dari ikan bakar, sate cumi, olahan udang maupun lobster, hingga kerang panggang.

6.Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku, Ubud

Kuliner halal di Bali berikut ini bisa dibilang sebagai hidangan legendaris, karena telah eksis sejak tahun 1964. Sesuai namanya, menu andalan rumah makan tersebut adalah nasi ayam khas Pulau Bali.

Sajian tersebut juga dilengkapi dengan beragam jenis hidangan lainnya seperti sate lilit, ayam sisit, sayur lawarm plus sambal. Seporsi menunya dibanderol dengan harga Rp25.000 sehingga sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Meski Bali dikenal dengan kuliner babi gulingnya yang khas, warung makan maupun restoran halal saat ini sangat mudah ditemui. Lokasinya bahkan tersebar secara merata mulai dari daerah perkotaan hingga kabupaten.

Urusan perut memang tidak bisa diajak kompromi ketika rasa lapar mulai datang. Terlebih bagi pelancong Muslim, mereka bisa mencari makanan tanpa rasa khawatir karena kuliner halal di Bali mudah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.