Pantai Lovina, pantai indah dengan lumba-lumba

Pantai Lovina atau biasa di sebut dengan Lovina adalah objek wisata yang berada di Bali. Terletak di Bali bagian utara dan hanya berjarak sekitar 9 km ke arah sebelah barat dari kota Singaraja. Selain di kenal dengan pantainya yang indah, di Lovina juga terdapat beberapa species lumba-lumba yang hidup liar di pantai. Lumba-lumba ini bisa di saksikan secara lebih dekat melalui perahu nelayan yang bisa kita sewa dan tumpangi.

Nama Lovina yang ‘asing’ ternyata bukan muncul secara tiba-tiba begitu saja. Lovina mempunyai sejarah panjang karena keunikan namanya tersebut. Nama Lovina pertama kali di cetuskan oleh seorang warga asli buleleng, Anak Agung Panji Tisna . Anak Agung Panji Tisna adalah keturunan ke-11 dari dinasti raja Buleleng di Bali utara. Anak Agung Panji Tisna yang sering melanglang buana ke berbagai negara di Asia dan Eropa, pada tahun 1953 mendirikan sebuah tempat peristirahatan.

Tempat peristirahatan itu berada Desa Tukad Cebol yang kini Desa Kaliasem. Tempat peristirahatan itu dinamai Lovina yang berarti  Love dan Ina. Kata Love yang berasal dari bahasa Inggris berarti kasih yang tulus di padukan dengankata  Ina dari  bahasa Bali atau bahasa daerah yang memiliki arti ibu. Jadi Lovina itu memiliki artian Cinta Ibu atau dalam artian luhurnya berarti Cinta Ibu Pertiwi. Walaupun di awal pendirian mengalami pertentangan Lovina akhirnya bisa bertahan dan menjadi salah satu tujuan objek wisata besar di Bali saat ini.

Pilihan wisata unggulan di Lovina adalah dolphin tour atau berperahu melihat lumba-lumba secara lebih dekat. Untuk menikmati dolphin tour, bisa menyewa jukung atau perahu tradisional Di Desa Kalibukbuk. Setiap perahu biasanya bisa muat sampai 4-5 orang. Selain dolphin tour aktivitas lain yang bisa di lakukan adalah snorkeling, memancing maupun berenang. Di beberapa kafe di sekitar Lovina juga biasanya ada pertunjukan musik yang bisa anda nikmati.

Untuk mencapai Pantai Lovina jika dari singaraja cukup melakukan perjalanan ke sebelah barat kira-kira sejauh 9 km. Tetapi kalau dari Denpasar sangat jauh berjarak 120 km. Tapi jarak yang jauh tidak menjadi halangan untuk pilihan transfortasi yang beragam. Jika dari Kuta anda bisa menyewa mobil, sewalah mobil dengan sopirnya untuk dua hari mengingat jauhnya perjalanan  di penginapan Lovina nanti kebanyakan beberapa penginapan di Lovina sudah menyediakan tempat untuk menginap sopir jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jika anda menghendaki menggunakan angkutan umum, ada dua pilihan yaitu angkutan umum yang mengantar jemput dari tempat wisata lainnya. Angkutan ini berangkat pada jam-jam tertentu tiap harinnya. Dan angkutan umum satu lagi adalah angkutan umum biasa ini untuk wisatawan yang memang suka berpetualang atau backpackeran. Rutenya dari terminal Tegal Denpasar naik angkutan menuju Terminal Ubung. Dari terminal Ubung sudah ada bis jurusan yang langsung ke Lovina.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,