Banyuwedang, paduan antara wisata air panas, pantai dan kesehatan

Objek wisata air panas Banyuwedang terdapat di Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Keunikan dari objek wisata Banyuwedang ini karena merupakan kawasan pantai yang memiliki sumber mata air panas, sumber air panas ini berasal pantai serta berada di bawah permukaan air sehingga kalau air laut pasang akan tertutup air laut. Untuk mengantisipasi air pasang dan sumber air panas tercampur air laut maka di buatlah tanggul pelindung yang melindungi sumber air panas tersebut. Suhu sumber air panas ini berkisar rata-rata 40º Celcius dan memiliki kandungan belerang yang tinggi. Sehingga di percaya bisa mengobati penyakit kulit bagi sebagian pengunjung.

Pantai di sekitar Banyuwedang yang merupakan sumber dari mata air panas banyuwedang banyak ditumbuhi oleh tanaman bakau yang berfungsi untuk untuk terjadinya abrasi pada bibir pantai. Daerah di sekitar banyuwedang cenderung gersang hal ini tidak terlepas dari tanahnya yang di dominasi tanah berkapur. Keberadaan sungai sangat jarang bahkan bisa di katakan tidak ada sehingga menghambat penghijauan yang terjadi di daerah itu, kalaupun ada tanaman yang bisa tumbuh di daerah tersebut tidak lain adalah tanaman yang tidak memerlukan bnyak air dalam pertumbuhannya seperti pohon bekul maupun bangyang.

Daerah yang gersang menyebabkan penduduk yang tinggal sedikit seklai di Bnyuwedang, tetapi hal itu memberikan keuntungan tersendiri. Dengan penduduk yang sedikit memicu timbulnya susasana yang tenang jauh dari keramaian hal ini coba di manfaatkan oleh pemerintah daerah buleleng untuk menjadikan kawasan wisata air panas bnyuwedang dan sekitarnya sebagai kawasan wisata untuk kesehatan atau bisa juge disebut dengan “Health Tourism”. Hal ini tidak terlepas dari manfaat air panas Banyuwedang itu sendiri yang mempunyai banyak kandungan belerang sehingga sengat bermanfaat bagi kesehatan.

Walaupun termasuk kawasan wisata yang jauh dari pemukiman penduduk bukan berarti Banyuwedang minim akan fasilitas. Ditempat ini sudah cukup memedai berbagi fasilitas yang di bangun demi melancarkan kunjungan wisatawan. Lokasi parkir cukup luas, warung-warung penjual makanan dan minuman juga bnyak tersedia di tempat ini selain itu terdapat juga  toilet umum fasilitas tempat beristirahat dan berteduh yang dibangun oleh pengelola Taman Nasional Bali Barat.

Dengan akan di kembangkannya kawasan wisata Banyuwedang menjadi  Health Tourism, bukan tidak mungkin annti akan erdapat fasilitas yang lebih bagus lagi. Sehingga bisa menjadi pilihan wisatawan yang akan rekreasi merehatkan pikiran sekaligus berburu kesehatan.

Objek wisata air panas Banyuwedang berjarak kurang lebih sekitar 60 km Singaraja sementara jika dari Denpasar berjarak 140 km. Untuk menuju kawasan wisata ini bisa melalui jalan antara Denpasar, Bedugul, dan Singaraja lalu mengambil arah ke Gilimanuk. Jalanan menuju Banyuwedang cukup bagus dengan jalanan beraspal mulus.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,