11 Tips Perjalanan Jauh Dengan Mobil Yang Aman Dan Nyaman
image source: pexels.com

11 Tips Perjalanan Jauh Dengan Mobil Yang Aman Dan Nyaman

Tips perjalanan jauh dengan mobil adalah hal-hal yang harus Anda ketahui ketika ingin merencanakan perjalanan bersama keluarga atau teman. Jika mengetahui tipsnya, keamanan dan kenyamanan saat berkendara akan lebih terjamin. Keuntungan lain dari mengetahui tipsnya adalah rencana yang sudah disiapkan matang, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan lebih cepat. Seringkali saat melakukan perjalanan jarak jauh, terdapat beberapa kendala yang memperlama perkiraan waktu untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tips perjalanan jauh yang aman menggunakan mobil, agar suasana liburan lebih menyenangkan dan nyaman. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Tips untuk bepergian jarak jauh dengan mobil

Beberapa tips di bawah ini tidak memerlukan rute khusus atau menyulitkan pengemudi. Anda hanya perlu cara sederhana termasuk berikut ini.

1. Siapkan rencana perjalanan yang terperinci

Tips pertama agar perjalanan jauh lebih nyaman dan aman adalah merencanakan dengan detail. Harus ada tujuan yang jelas. Ini akan membantu mencegah tersesat. Juga, Anda perlu memutuskan kapan waktu yang tepat untuk pergi. Disarankan untuk memilih waktu mulai di pagi hari. Sebab, waktu ini cocok untuk situasi sehari-hari di mana Anda harus bekerja dan beraktivitas di pagi hari. Jangan lupa untuk memilih tempat penginapan yang akan dijadikan tempat menginap dan kegiatan seperti ibadah.

2. Pilih mobil yang cocok untuk bepergian

Setelah Anda membuat rencana perjalanan, inilah saatnya untuk memilih mobil mana yang akan dipilih untuk perjalanan Anda. Ada berbagai jenis Mobil yang nyaman Untuk membawa jarak jauh. Contohnya Hyundai Santa Fe, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan masih banyak lagi. Ketika Anda ingin Bepergian dengan mobil Pastikan kendaraan yang Anda pilih irit bahan bakar, memiliki kabin yang luas dan dapat menempuh jarak hingga tujuan.

3. Cek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jauh

Wajib cek kondisi mobil sebelum bepergian. Karena jika kualitas mesin, bahan bakar dan ban mobil tidak diperiksa, risiko mogok sangat tinggi.

4. Kemas barang-barang penting dengan baik

Seringkali ketika hendak bepergian jauh, orang kerap mengemas beberapa barang yang mereka pakai. Misalnya barang elektronik seperti power bank, obat-obatan, perlengkapan bayi dan anak. Anda harus menyimpan barang-barang ini di tempat yang mudah terlihat sehingga tidak kesulitan menemukannya saat Anda perlu menggunakannya. Pastikan Anda juga mengemas satu set kunci dan alat lainnya yang diperlukan apabila terjadi kerusakkan dijalan.

5. Siapkan air mineral dan snack

Pasti akan ada saatnya Anda merasa lapar dan membutuhkan camilan untuk persiapan perjalanan jauh. Disinilah peran makanan ringan dibutuhkan. Ngemil bisa menahan rasa lapar untuk waktu yang lama. Alih-alih makanan cepat saji yang membuat Anda merasa kembung dan tidak nyaman, camilan adalah pilihan terbaik. Tidak hanya itu, Anda perlu menyiapkan air mineral dalam jumlah besar. Sebab, pengemudi mobil bisa saja mengalami dehidrasi saat berkendara.

6. Istirahat yang cukup sebelum perjalanan

Salah satu faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi yang mengantuk. Untuk itu, sebagai pengemudi, Anda perlu mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berkendara jarak jauh. Hindari minum minuman beralkohol, karena minuman jenis ini bisa menyebabkan kantuk.

7. Berkendara dengan jarak yang aman

Saat berkendara di musim hujan, pastikan untuk mengemudikan mobil pada jarak yang aman. Jalan licin dan pandangan jalan kabur adalah akar penyebab kecelakaan lalu lintas. Anda dapat berkendara dengan batas kecepatan minimal 60 kilometer per jam. Selain itu, saat menyalakan lampu depan, jaga jarak aman antara mobil dengan kendaraan lain, agar penglihatan lebih jelas.

8. Hindari mengemudi di malam hari

Orang yang ingin bepergian dengan mobil biasanya memilihnya Perjalanan malam Untuk pergi sebagai waktu yang tepat. Mereka memilih opsi ini karena bebas dari kemacetan lalu lintas. bahkan jika, Mengemudi di malam hari Ini memiliki banyak bahaya. Misalnya, jalan dengan suhu dingin dapat menyebabkan pengemudi kehilangan kewaspadaan. Hal ini menimbulkan masalah baru yang dapat menimbulkan bencana. Jika memungkinkan, pilih waktu perjalanan hanya di pagi hari. Karena pagi adalah waktu dimana orang memulai aktivitasnya.

9. Berhenti mengemudi setiap dua jam

Berhenti setiap dua jam berfungsi sebagai istirahat bagi pengemudi dan penumpang. Anda juga bisa mengisi perut yang lapar atau sekedar pergi ke kamar mandi. Lakukan istirahat ini selama 20 menit saja. Jika istirahat terlalu lama, perkiraan waktu untuk mencapai tujuan mungkin lebih lama.

10. Kenakan pakaian yang nyaman

Jarak dalam perjalanan sangat jauh, sehingga pengemudi perlu memakai pakaian yang nyaman. Memiliki bantal di punggung sangat membantu mengurangi rasa sakit saat berkendara. Pastikan Anda memakai sepatu yang nyaman agar kaki Anda tidak tersangkut.

11. Nyalakan musik atau hiburan lainnya

Tips perjalanan mobil panjang terakhir adalah menyalakan musik atau hiburan lainnya. Terkadang perjalanan jauh membuat kita bosan, karena kita terus menerus berada di dalam mobil. Situasi ini tentu tidak baik dan membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Oleh karena itu, kehadiran musik atau hiburan lain seperti podcast dapat merangsang suasana kemeriahan. Anda dan keluarga bisa tertawa dan mengobrol bersama. Waktu ini sangat berharga dan sayang untuk kehilangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.