Wisata Pura Lempuyang, Berkunjung ke Pura Paling Tua di Bali

Wisata Pura Lempuyang, Berkunjung ke Pura Paling Tua di Bali Reviewed by etravel on . This article We found is mainly about the info of Wisata Pura Lempuyang, Berkunjung ke Pura Paling Tua di Bali

Bali kaya dengan obyek wisata. Berbagai jenis tujuan wisata bisa menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati liburan ke Bali. Selain keindahan pantai, ciri yang membedakan Bali dengan tempat wisata lainnya adalah; obyek wisata religious. Mayoritas penduduk Bali sejak dulu adalah penganut Hindu yang taat. Dan ini bisa dilacak dari peninggalan sejarah masa lalu. Berbagai peninggalan bangunan masa silam menunjukkan bahwa penduduk Bali adalah pemeluk Hindu yang taat. Salah satu Pura Read More…

Rating: 5

Bali kaya dengan obyek wisata. Berbagai jenis tujuan wisata bisa menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati liburan ke Bali. Selain keindahan pantai, ciri yang membedakan Bali dengan tempat wisata lainnya adalah; obyek wisata religious. Mayoritas penduduk Bali sejak dulu adalah penganut Hindu yang taat. Dan ini bisa dilacak dari peninggalan sejarah masa lalu. Berbagai peninggalan bangunan masa silam menunjukkan bahwa penduduk Bali adalah pemeluk Hindu yang taat.

Salah satu Pura Hindu di Bali yang menjadi obyek wisata terkenal, Pura Lempuyang adalah Pura tertua di Bali. Pura ini sekarang sekalin sebagai tempat beribadah juga menjadi obyek wisata yang mengundang banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Pura Lempuyang didirikan oleh Rsi Markandeya sekitar abad ke-8 M. Pada saat itu Rsi Markandeya membuat sebuah pesantrian untuk keperluan persembahyangan sekaligus mengajarkan agama Hindu. Pesantrian tersebut diperkirakan berada pada lokasi Pura Lempuyang Madya Sayang tidak banyak referensi sejarah yang menjelas kan data – data tentang Pura Lempuyang ini secara mendalam sehingga turis yang ingin tahu tentang sejarah pura tertua di Bali ini sering kecewa karena hanya memperoleh informasi yang kurang memadai. Selain sebagai pura tertua, Pura Lempuyang merupakan salah satu dari tiga pura besar selain Besakih dan Pura Ulun Danu Batur.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, sebaaiknya anda tahu bahwa ada pantangan yang tidak boleh dilanggar karena bisa berakibat buruk bagi anda. Pantangan itu adalah, jangan berkata kotor, berkata buruk dan jika anda mampu untuk menahan diri anda bisa melanjutkan masuk dengan hati yang bersih. Selain itu sangat diharapkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pura Lempunyang untuk tidak mengenakan perhiasan dari emas. Meskipun wisatawan yang datang berkunjung bukan penganut agama Hindu, tapi mereka tetap harus menghormati pura ini sebagai satu tempat suci. Lokasi Letak Pura Lempuyang memang agak sulit dicapai. Pura ini terletak di Puncak Bukit Gamongan, sekitar 22 kilometer dari Ibukota Karangasem, Amlapura.