Wisata Pulau Merah di Jawa Timur

Wisata Pulau Merah di Jawa Timur mulai populer di kalangan wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Jadi, sebagai orang Indonesia akan rugi rasanya apabila Anda tidak pernah mengunjungi pantai yang tepatnya terletak di Banyuwangi, terutama untuk Anda yang memiliki hobi Surfing. Pantai ini tidak kalah dengan pantai di Bali atau di NTT.

Pulau Merah ini terletak di desa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa timur. Untuk tarif masuknya sedniri terbilang sangat murah yakni hanya Rp. 8000 per orangnya. Pantainya memiliki pasir putih serta perairan berwarna biru yang sangat indah. Beberapa fasilitas seperti kursi berjemur tersedia untuk Anda yang ingin bersantai atau persewaan peralatan surfing bagi Anda yang memang memiliki hobi berselancar.

Pulau ini sebenarnya memiliki nama asli yakni Pantai RIngin Pintu. Namun namanya berubah seiring dengan keeksotisan pantai yang tampak di sore hari. Pasir pantai yang terkena cahaya matahari sore berubah menjadi merah sehingga munculah nama baru yakni Pulau Merah. Warna pasir yang merah tersebut akan terlihat benar keindahannya ketika musim kemarau.

Sebelumnya Pulau Merah ini tidak dilirik sebagai lokasi wisata karena di sekitanya terdapat sebuah lokasi penambangan emas. Penambangan tersebut dikhawatirkan merusak keindahan alam dan memberikan polusi. Namun akibat kesadaran lingkungan, Pulau Merah mulai diperhatikan sebagai salah satu wisata pantai yang populer.

Jika Anda mengenal Pantai Plengkung, maka bisa dikatakan bahwa Pulau Merah memiliki karakteristik pantai yang serupa. Gelombang ombak yang besar menantang para peselancar untuk bermain. Hanya saja ombak besar tersebut tidak terjadi setiap saat. Ada waktu tertentu ketika ombak hanya setinggi 2 meter saja yang mana pengunjung diperbolehkan mandi di laut saat ombak pendek tersebut.

Petugas keamanan pantai pun siap menjaga para pengunjung apabila tiba-tiba ada ombak besar datang. Untuk Anda  yang hobi menancing, sebaiknya Anda bawa sendiri alat pancing Anda dan Anda bisa menikmati spot pancing di sekitar pantai. Mari kita berkunjung ke Wisata Pulau Merah di Jawa Timur.