Wisata di Kabupaten Kaimana Papua Barat, Surga Dunia yang Belum Banyak Orang Tahu

INDOHOLIDAYTOURGUIDE.COM – Berwisata ke wilayah Indonesia Timur, tujuan Anda pasti akan langsung terpusat pada Raja Ampat yang memang sangat indah, namun jika anda sedikit bergeser ke arah timurnya anda akan menemukan banyak wisata yang tidak kalah cantiknya dengan Raja Ampat. Benar, di Papua juga menawarkan keindahan alam yang bukan kaleng-kaleng lho. Mungkin mendengar nama Papua pikiran anda akan langsung tertuju pada Kabupaten Fakfak atau malah hanya berkutat di ibukotanya saja. Namun jangan salah, ada satu kabupaten yang sudah sangat terkenal di luar negeri, jangan sampai kita sendiri “pemilik” surga dunia ini malah belum mengetahuinya. Surga dunia yang akan kita bahas adalah Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Kabupaten Kaimana sebenarnya memiliki banyak sekali potensi wisata yang menarik. Beberapa spot wisata terkenal di Kabupaten Kaimana seperti:

1. Teluk Triton

Jika anda pernah berkunjung ke Raja ampat, atau at least pernah melihat fotonya, Teluk Triton ini hampir-hampir mirip dengan Raja Ampat, bahkan lebih indah. Disini kita bisa melihat gugusan pulau-pulau karang kecil dengan rimbun pepohonannya yang hijau, ditambah jernih air di sekelililngnya, benar-benar tidak akan rugi jika anda mengunjungi tempat ini. Teluk Triton dapat ditempuh dengan 60 menit kapal motor dari pelabuhan setempat.

2. Pulau Venue

Masih mau lihat yang indah-indah di Kaimana? Anda bisa mengunjungi Pulau Venue. Bukan venue yang diambil dari kata bahasa Inggris ya, Venue disini diambil dari bahasa suku setempat yakni suku Koiway yang berarti telur. Nah Pulau Venue atau pulau telur ini merupakan tempat dimana ratusan penyu bertelur. Ada penyu sisik, penyu hijau dan penyu lekang yang dapat anda lihat disana.

3. Kolam sisir

Tidak hanya menawarkan keindahan wisata alam lautnya saja, Kaimana juga punya kolam sisir yang tidak kalah jernihnya. Kolam sisir ini sempat menjadi trending topic di sosial media karena kejernihan airnya seakan kapal-kapal yang berada di atasnya mengambang di udara karena saking jernihnya. Untuk menjangkau tempat ini cukup mudah karena aksesnya yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

4. Wisata Senja

Wisata senja? Iya, Anda mungkin belum tahu jika Kaimana terkenal akan senjanya yang begitu indah. Saking indahnya, sampai dibuat lagu di tahun 70an. Nah bagi anda yang belum tahu, anda akan dapat melihat keindahan senja dengan langit merah dan matahari bulat di garis pantai dengan jelas dan indah jika anda berkunjung ke Kaimana.

5. Benteng Fort du Bus

Jika bosan berwisata alam, anda dapat menuju benteng Fort du bus untuk melihat sisa-sisa sejarah jaman kolonial Belanda. Benteng ini berlokasi di wilyah kampung kecil bernama kampung Lobo. Konon, benteng ini dibangun sebagai bukti pendudukan Belanda ataus Nieuw guinea dulu. Benteng yang diresmikan pada tahun 1828 ini kemudian kosong di tahun 1835an karena perubahan iklim yang terjadi dan mewabahnya penyakit malaria pada saat itu.

Nah itu tadi beberapa list destinasi wisata di kabupaten Kaimana, Papua Barat yang belum banyak diketahui. Bagaimana? Tidak kalah indah dengan raja ampat bukan? Beberapa nama tempat wisata di atas memang sudah viral, namun beberapa juga belum banyak orang mengetahuinya. Nah bagaimana dengan anda? Tertarik untuk berkunjung ke Kaimana?