Video Polisi Bali: Potret Suram Pariwisata Bali

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan oleh video yang diunggah di youtube oleh seorang turis Belanda. Kees van Der Spek  berhasil mengelabuhi polisi bali sehingga mereka bisa terekam dengan kamera tersembunyi dan kemudian video tersubut diunggah sehingga memancing beberapa reaksi pro dan kontra.

Kasus Van der Spek ini sebenarnya bukan kasus besar. Turis Belanda yang melakukan pelanggaran lalu lintas karena tidak mengenakan helm dan memilih untuk membayar Rp. 200.000 kepada polisi yang menangkapnya daripada membayar denda Rp. 1.250.000 dan ikut sidang di pengadilan, boleh dikatakan kejadian yang biasa – biasa. Kasus ini menjadi luar biasa ketika ternyata kejadian ini terekam kamera dan bahkan kemudian diunggah ke youtube. Lebih – lebih lagi, peristiwa ini menimpa seorang turis asing yang sedang berkunjung ke Indonesia dan kejadiannya di Pulau Bali.

Sebagi orang bijak, tentu kita harus berusaha untuk mengambil hal positif dari peristiwa itu. Pungli yang merupakan penyakit akut di Indonesia tengah dipertontonkan pada masyarakat dunia. Dan kebetulan peristiwa korupsi itu terjadi di Bali, pulau wisata terbaik Indonesia, sehingga sudah barang tentu menjadi berita hangat yang membuat orang – orang yang memiliki keterkaitan dengan Bali menjadi tertarik untuk melihat. Apapun alasannya, adalah satu kesalahan besar melakukan tindakan korupsi pada wisatawan yang tengah berkunjung ke negeri ini. Citra Bali sebagai tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi telah dipertaruhkan oleh segelintir orang demi keuntungan tak seberapa.

Kepolisian Daerah Bali saat ini tengah  memburu keberadaan turis Belanda Kees van Der Spek berkaitan dengan video heboh anggota Polres Badung yang tertangkap kamera melakukan korupsi tersebut. Memang sesuai aturan hukum di Indonesia semua tindak pidana korupsi, penyuapan atau pungli baik yang menerima atau yang memberikan bisa  dijatuhi hukuman.  Bahkan termasuk  orang yang menyebarluaskan gambar-gambar rekaman video Corruption police in Bali yang dibuat turis  asal Belanda  itu bisa kena sanksi hukuman.

Tapi pokok permasalahan dari video  ini adalah tindakan tidak terpuji  polisi pelaku korupsi dan ini yang perlu segera diselesaikan. Meski kasus suap yang terjadi tidak bernilai milyaran, tapi efek dari kasus ini sungguh sangat berarti terutama bagi wisata di Bali. Sebuah pelajaran berharga bagi Indonesia dan tentu saja bagi kita semua, sebab turis adalah tamu yang seharusnya kita hormati.bali_corruption_police