Tangkuban Parahu : antara legenda, keindahan alam dan cuaca sejuk pegunungan

Tangkuban Parahu adalah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan antara Kabupaten Suang dengan Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah serta sebuah kawahnya yang terkenal. Karena keindahannya dan sering dijadikan sebagai destinasi utama saat liburan, maka gunung Tangkuban Parahu ini menjadi salah satu tempat wiasata favorit di kawasan Jawa Barat. Banyak alasan yang menjadikan Gunung ini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan . Selainpemandangan yang indah, susana yagg sejuk dan kawah yang cantik gunung ini juga terletak di jalan utama Bandung-Subang, akses jalannya  tidak terlalu jauh dari kota Bandung sekitar  25-30 km.

Di gunung tangkuban Parahu ini sering diadakan sebuah festival bernama Festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu. Yang selalu menarik perhatian wisatawan, para penggiat budaya, akademisi maupun masyarakat umum. Selain saat festival, hari-hari biasa juga Gunung Tangkuban Perahu tidak pernah sepi pengunjung bus-bus luar kota selalu terparkir di area parkirnya mengantar wisatawan menikmaai keindahan alam gunung tangkuban parahu. Puncak kunjungan wisatan akan terjadi saat hari-hari besar seperti Liburan maupun hari besar tahun baru dan idul fitri, jalanan akan macet karena kendaraan yang keluar masuk wilayah wisata.

tangkuban perahu-Kawah besar yang terdapat di gunung tangkuban perahu adalah salah satu pemandangan yang menakjubkan dan jadi buruan para wisatawan. Gas sulfur masih keluar dari kawah Sementara dari atas gunung akan terlihat Kota Bandung yang besar dengan segala bangunannya, menampakan keindahan dari kejauhan.

Gunung Tangkuban Perahu tidak terlepas dari cerita legenda terkenal yang sudah menjadi cerita umum di kalangan masyarakat Jawa barat. Di mana gunung tersebut berasal dari sebuah perahu yang terbalik akibat sangkuriang yang murka karena gagal mempersunting dayang sumbi yang merupakan ibu kandungnya sendiri, yang telah berpisah sekian lamanya tetapi tetap memiliki paras yang awet muda sehingga sangkuring yang sakti jatuh cinta. Jika di lihat dari kejauhan Gunung Tangkuban Perahu memang cantik dan betuknya seperti perahu terbalik, tangkuban (terbalik) Parahu (Perahu).

Sedikit tips untuk para wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung tangkuban Perahu maka dianjurkan untuk membawa pakaian hangat karena suhu di Gunung ini cukup dingin. Untuk mendapatkan pemandangan alam terbaik maka datang lah saat pagi-pagi lebih pagi lebih baik, karena kalau agak siangan kabut akan menutup pemandangan indah yang terpaprkan di depan. Gas Sulfur agak menyengat dan tidak enak di cium maka biasakannya atau memabawa masker atau sapu tangan untuk antisipasi jika anda tidak tahaan terhadap baunya. Tolaklah para pedagan g dengan tegas jika anda benar-benar merasa terganggu dan tidak ingin membeli dagangannya. Antisipasi kemacetan yang sering terjadi dan mengular saat akhir pekan, dari arah Lembang menuju Bandung.

Untuk menuju Gunung tangkuban Parahu maka cukup mudah dilakukan dari kota Bandung maka tinggal menuju ke arah utara ke kota Lembang. Lurus saja ikuti jalan menuju Subang maka lokasi parkir gunung tangkuban Parahu ada di samping jalan.