Pulau Manado Tua, pesona keindahan pulau di Taman Nasional Bunaken-Manado

Pulau Manado Tua adalah salah satu pulau yang terdapat di Taman Nasional Bunaken-Manado. Selain Pulau Manado Tua masih ada pulau-pulau lainnya seperti Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, serta Pulau Nani. Pulau-pulau ini memiliki perairan yang indah dan merupakan salah satu tujuan menyelam terbaik.  Pulau Manado ini memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan Pulau lainnya, pulau ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau dan rimbun sementara salah satu sudut daratannya berada di dalam air laut dengan kemiringan antara 5 sampai 30 meter dan di terbelah oleh sebuah dinding karang yang memiliki kedalaman anatara 25-50 meter sampai ke dasar laut dan gua yang besar.

Pulau ini di huni oleh sekitar 3.200 penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan nelayan.  Walaupun penduduk notabene berada di pulau yang terpisah dari kebudayaan luar yang maju tetapi masyarakat di Pulau ini sangat mengerti akan kelestarian lingkungan, terumbu karang di jaga dengan baik agar tidak rusak. Terumbu karang sangat penting fungsinya sebagai tempat bermukim dan berlindung aneka ikan kecil yang indah yang terdapat di laut dari serangan predator yang lebih besar. Dengan melestarikan terumbu karang berarti juga ikut melestarikan keberadaan ikan-ikan beragam rupa yang indah da terdapat banayak di tempat ini.

Pulau Manado tua Pulau Manado Tua yang memiliki taman laut yang sempurna serta memiliki kekayaan biota laut ini memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi antara 2.000 – 3.000 mm per tahunnya. Lumba-lumba, Hippocampus sp, kima raksasa, penyu sisik dan penyu hijau adalah diantara biota dan satwa yang banayk menghuni taman laut di Pulau Manado Tua. Di peraiaran Pulau manado Tua banyak hidup ikan-ikan yang besar seperti giant trevally, eaglerays, snappers, napoleon wrasse, dan groupers. Sementara ikan barakuda dan blacktail barakuda sering di temukan dataran karang bawah laut Tanjung Kopi yang terletak di  pantai timur Manado Tua.

Berbagai kegiatan bisa di lakuakn di Pulau Ini, jika ingin menyelam perhtikan dulu keadaan ombak dan tanyakan sesuatunya pada pemandu karena ombak yang kadang datang dengan besar hanya penyelam berpengalaman saja yang bisa menyelaminya. Selain menyelam masih ada kegiatan yang bisa di lakuakn yakni Snorkeling yang bisa di lakukan di pantai dangkal dengan biota laut yang indah. Selain dengan menyelam dan snorkeling jika menginginkan pemandangan laut ayng indah tanpa harus terjun ke laut bisa menaiki Perahu berkaca atau katamaran.

Kegiatan lainnya adalah berperahu layar, jet ski, fotografi bawah laut, bersepeda, berkeliling, jogging, hiking berkemah,dan sunbathing. Untuk menuju Pulau manado tua maka pengunjung harus terlebih dahulu mengunjungi kota Manado. Dari Kota Manado, perjalanan di lanjutkan  dengan menggunakan kapal motor langsung ke Pualau manado Tua dan menghabisakan waktu kurang lebih selama 1 jam.