Pesona Wisata Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat yang Cantik dan Belum Terusik

Bagi anda yang sedang mencari destinasi wisata menarik baru yang tidak biasa atau yang tidak terlalu mainstream, anda bisa mengunjungi bagian timur Indonesia, yakni Papua. Wisata Papua memang tidak ada habisnya, hampir setiap Kabupaten disana memiliki destinasi wisata unggulan yang begitu menggoda.

Kali ini kita akan membahas pesona wisata di salah satu Kabupaten di Papua yang masih belum banyak diketahui, padahal cantik, namun masih belum terusik. Nah kabupaten tersebut adalah Kabupaten Pegunungan Arfak. Mungkin anda belum banyak mendengar tentang nama Kabupaten Arfak, apalagi potensi wisatanya. Padahal, potensi wisata di Kabupaten Pegunungan Arfak ini terbilang cukup menarik lho.

Kabupaten Pegunungan Arfak merupakan satu kabupaten permekaran dari Kabupaten Manokwari yang baru diresmikan pada 2014 silam. Karena itu, obyek wisata Pegunungan Arfak kadang masih dianggap sebagai bagian dari Manokwari. Berkunjung ke Arfak tidaklah lengkap sebelum anda mengunjungi beberapa destinasi wisata disana. Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, namun Kabupaten Arfak juga menawarkan wisata budaya yang tentu tidak akan anda temukan dimanapun juga selain di Arfak.

Beberapa di antara objek wisata yang terkenal adalah Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji di Pegunungan Arfak. Danau cantik ini terletak di ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Panorama di Danau Anggi Giji dan Gida ini begitu breathtaking, betapa tidak, danau ini dikelilingi pegunungan hijau yang kontras dengan warna airnya yang biru. Anda dapat menikmati penorama dan kesejukan danau ini dari atas bukit yang sejauh mata memandang, di depan anda akan terlihat panorama hijau yang indah dari Danau ini.

Tidak hanya danau, Kabupaten Pegunungan Arfak juga memiliki Destinasi Wisata alam lain yang tidak kalah menarik yakni Sungai Prafi yang tidak kalah jernihnya. Berbeda dengan sungai-sungai yang sering kita lihat di Jawa, Sungai disini masih jernih dan asri. Selain itu, Kabupaten Pegunungan Arfak juga memiliki penangkaran kupu-kupu disana, anda dapat melihat banyak sekali kupu-kupu cantik.

Jika sudah puas menikmati pesona wisata alam Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Anda juga dapat menikmati wisata budaya yang ditawarkan. Disini kita bisa melihat rumah-rumah tradisional suku Arfak yang masih berbahan kayu lokal pegunungnan Arfak. Rumah-rumah ini seringkali disebut dengan rumah kaki seribu. Keunikan bentuk rumah yang tak bisa dijumpai di daerah lain tentu memiliki nilai tersendiri. Anda bisa mengabadikannya dalam album foto – foto cantik tempat – tempat yang pernah anda kunjungi.

Bagi anda yang tertarik untuk mencari tahu asal muasal dan bagaimana budaya disana, langsung saja datang dan kunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak. Tidak hanya itu, anda juga akan bisa melihat tari tumbuk tanah yang memang menjadi salah satu warisan budaya yang masih terus dilestarikan oleh penduduk setempat.

Nah untuk dapat mengakses tempat-tempat wisata menarik di atas, anda bisa menempuhnya dengan jalur udara via pesawat perintis dan roda empat. Bagi anda yang sedang mencari destinasi wisata anti mainstream, mengapa tidak coba menikmati pesona wisata Kabupaten Pegunungan Arfak yang cantik dan belum terusik ini?

Dijamin, selain keindahan dan panorama alam yang cantik, anda juga akan mendapatkan pengalaman menarik dan banyak pengetahuan baru terkait budaya dan tentunya dapat mengisi feed sosial media anda dengan foto-foto cantik pemandangan alam Arfak. Tidak butuh waktu lama untuk jatuh cinta pada pesona wisata kabupaten Arfak, oleh karenanya, jangan tunggu sampai viral jika Anda sendiri bisa mem-viral-kan destinasi wisata menarik di Arfak ini. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi liburan ya!

Tag: ,