Pesona Wisata Kabupaten Halmahera Timur Maluku Utara yang Mempesona dan Indah Wajib anda Kunjungi

Kabupaten Halmahera Timur adalah salah bagian dari provinsi Maluku Utara. Kabupaten Halmahera Timur ialah pemekaran dari kabupaten Halmahera Tengah dari tahun 2003. Mana adalah ibukota dari Halmahera timur. Sultan Nuku dari kesultanan Tidore merupakan basis dari perjuangan melawan Belanda. Maba adalah pusatnya ketika masa perjuangan tersebut. Desa Goa Sangaji dan goa gimalaha adalah bukti dari hal tersebut. Sangaji dan Gimalaha adalah sebuah nama jabatan dalam struktur pemerintahannya.

Pada waktu Perang Dunia II Halmahera Timur adalah pos pasukan jepang, bukti dari hal tersebut ialah adanya benda-benda bersejarah masih bisa kita temukan ketika berkunjung ke sana. Selain wisata bersejarah, Halmahera Timur juga memiliki keindahan alam dan keindahan bahari yang wajib dikunjungi. Bukan hanya keindahan alam yang dapat dinikmati, festival juanga dengan menampilkan karya seni khas Halmahera timur juga akan membuat liburan semakin tidak bisa anda lupakan. Simak objek wisata yang terdapat di Halmahera timur ini, antara lain sebagai berikut :

1. Objek wisata air terjun tiga bidadari

Air terjun ini dinamakan tiga bidadari konon ceritanya karena dahulu kala terdapat perempuan cantik dengan rambut yang panjang datang dari khayangan untuk mandi di air terjun ini. Air terjun ini sangat indah dan asri, ketika anda berkunjung ke kabupaten Halmahera Timur, wajib untuk datang ke salah objek wisata yang indah ini.

Letak air terjun ini berada di kecamatan wasile timur tepatnya berada di desa Daka Ino. Jarak dari bandara Buli ialah sekitar 45 km, anda dapat mengunjungi air terjun ini menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Dari jalan utama ke lokasi air terjun ini ialah 3 km, mintalah penduduk setempat agar menjadi pemandu anda, karena jaraknya yang lumayan jauh dari jalan utama.

Saat anda berjalan menuju lokasi, suguhan keindahan perbukitan yang hijau, hamparan sawah yang indah, serta keindahan desa yang masih begitu asri. Kemudian anda akan melewati jalan yang menanjak. Ketika sampai lelah setelah jauh berjalan terbayarkan dengan keindahan air terjun bidadari yang mempesona.

2. Objek wisata pantai jara-jara

Letak objek wisata ini adalah di desa jara-jara, Tanjung Jara-jara, Kecamatan Maba Utara. Keindahan yang ditawarkan adalah pantai pasir putihnya. Pada pantai ini terdapat banyak terumbu karang dan biota laut yang indah di dalamnya. Anda dapat mengunjungi pantai ini melalui dua jalur, yaitu menggunakan Speedboat sekitar 3 jam dari Buli atau naik kapal penumpang sekitar 6 jam namun kapal ini hanya tersedia 4 kali dalam seminggu.

3. Objek wisata air terjun lembah ayu

Objek wisata ini terletak kecamatan Maba tepatnya di desa Buli. Air terjun ini memiliki pemandangan yang alami dan sangat indah dengan ketinggian air terjunnya sekitar 10 meter. Anda dapat mengunjungi keindahan air terjun ini menggunakan roda dua atau roda empat dengan jarak tempuh sekitar 25 menit. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi utama.

4. Objek wisata pulau to

Objek wisata ini merupakan pulau kecil tanpa penghuni. Namun memiliki keindahan yang tersembunyi. Karena keindahan tersebut pemerintah setempat membangun sebuah pondok kecil untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke pulau ini. Pulau to terletak di kecamatan Maba Selatan tepatnya teluk buli.

Demikian sebagian dari tempat wisata kabupaten Halmahera timur yang wajib anda kunjungi.

Tag: