Pantai Serangan, surganya surfing serta penangkaran penyu hijau

Pantai Serangan adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Serangan, Denpasar, Bali. Pantai ini memiliki salah satu ombak untuk surfing terbaik di Bali. Tipikal ombaknya besar dan kuat, sehingga para peselancar bisa  bebas mengambil arah ombak baik dari sisi kiri maupun sisi kanan. Ombak yang besar terletak di tengah sedangka di tepi cukup tenang sehingga bisa di gunakan untuk berenang. Pasir pantainya juga putih bersih dan suasana masih sangat tenang sehingga cocok untuk melakukan kegiatan bersantai maupun berjemur.

Sebelum mencapai objek wisata pantai sarangan para pengunjung terlebih dahulu harus memasuki wilayah BTID atau Bali Turtle Island Development, yakni sebuah hutan yang sudah di buka agar bisa sampai di tepi pantai sarangan. Penangkaran penyu hijau adalah salah satu tujuan lain yang bisa di saksikan oleh pengunjung, di saat-saat tertentu saat beruntung maka wisatawan yang berkunjung bisa menyaksikan pelepasan anak penyu yang terdapat di penangkaran untuk di lepaskan ke laut lepas.

pantai SeranganNama Pantai Serangan sendiri adalah diambil dari sebuah nama Banjar tempat pantai ini berada, dengan alasan untuk mudah mengingat maka di mbilah nama banjar serangan tersebut untuk pantai. Sementara nama Serangan berasal dari kata sera angen yang memiliki arti rasa sayang atau rindu. Menurut cerita dahulu saat para pelayar bugis yang singgah di daerah ini dan kembali melanjutkan perjalanan, walaupun sudah jauh pergi dari desa ini para pelaut itu masih saja teringat pada daerah tersebut yang membawa rindu untuk datang mengunjungi kembali daerah tersebut.

Untuk meningkatkan kepariwisataan di daerah ini maka lahan di sekitar kawasan sudah di bebaskan oleh PT. BTID untuk semakin di kembangkan dan di poles lebih indah sehingga bisa semakin menyedot perhatian wisatawan yang akan datang ke pantai sarangan. Wktu atau Musim yang terbaik untuk melakukan  surfing di Pantai Serangan adalah pada saat musim hujan, karena saat musim ini angin akan mengalir dari arah barat daya ke arah timur sehingga menciptakan gelombang yang besar dan kuat di pantai. Hal ini juga berhubungan erat dengan posisi Pantai Serangan itu sendiri yang letaknya berada di sisi kiri semenanjung Bali sehingga memungkinkan terjadinya gelombang yang besar ketika angin mengalir dari arah barat daya ke timur.

Untuk menuju Pantai Serangan yang terletak di Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar ini cukup mudah. Karena hanya dengan menempuh waktu sekitar 25 atau 30 menit dan berjarak kurang lebih 18 km dari Kota Denpasar pantai sarangan ini pun sudah bisa di capai. Aksesbilitas untuk mencapai desa ini pun cukup mudah di jangkau dengan  adanya jembatan permanen dari beton yang menghubungkan Serangan dengan Pulau Bali.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,