Pantai Delodbrawah, pantai berpasir hitam dengan sunset menawan

Pantai Delodbrawah adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Delodbrawah, kecamatan Mendoyo, kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Pantai Delodbrawah termasuk pantai yang landai dan datar dan pasirnya berwarna hitam. Keunikan warna pasir pantai yang berbeda ini membuat sebagian pengunjung percaya bahwa pasirnya yang hitam bisa sebagai obat rematik. Bentuk pantainya sendiri memenjang dari timur ke barat sehingga bersahabat untuk untuk pengunjung yang mau berekreasi seperti mandi, bermain, berenang.

Selain mempunyai pantai landai memanjang dan berwarna hitam pantai Delodbrawah juga memiliki pemandangan sunset (matahari yang terbenam) yang indah. Pada saat memasuki waktu sunset pantai Delodbrawah akan memiliki langi yang berwarna kekuningan berpadu dengan langit yang jernih dan perahu-perahu nelayan yang menangkap ikan. Jadi jangan lewatkan suasana sunset menawan yang di tawarkan oleh pantai Delodbrawah ini.

Sejarah desa Delodbrawah konon di jaman dahulu, kawasan ini adalah kawasan  yang di dominasi rawa-rawa yang sangat luas, dari kawasan yang di dominasi rawa inilah penduduk yang tinggal di sebelah utara memberikan sebuah nama desa sekarang akhirnya di kenal dengan nama  Desa Delodbrawah. Seperti pada umumnya daerah rawa serta muara yang luas di Bali pada jaman dahulu terutama wilayah Perancak. Di sekitar rawa-rawa dan muara yang sekarang di kenal dengan Desa Delodbrawah juga banyak terdapat binatang buaya liar. Namun sekarang habibat buaya-buaya ini sudah punah seiring perjalanan waktu akibat dari perburuan liar yang tidak terkendali di jaman dahulu.

Untuk mengenang keberadaan buaya yang pernah menempati kawasan ini maka, para wisatawan yang akan berkunjung ke pantai Delodbrawah, sekitar kurang lebih 50 meter sebelum sampai ke lokasi pantai Delodbrawah akan di sambut oleh patung buaya yang cukup artistik. Sementar asal muasal Warna pasir pantai Delodbrawah yang ke hitaman terjadi karenas sebuah proses alamiah dimana dulu awalnya daerah ini rawa-rawa, rawa-rawa dalam bahasa bali berarti Brawah.

Untuk menuju pantai Delodbrawah yang terdapat di Desa Delodbrawah, kecamatan Mendoyo, kabupaten Jembrana ini jika di tempuh dari kota Denpasar berjarak lebih kurang 88 km, mengambil arah ke sbelah barat mengikuti jalur jalan raya Denpasar – Gilimanuk. Sampai di sebuah desa Tegalcangkring, kecamatan Mendoyo kurang lebih sekitar 1.5 km lagi ke arah selatan. Sepanjang jalan dari desa Tegalcangkring hingga pantai Delodbrawah, para pengunjung akan di suguhkan oleh pemandangan indah dari hamparan persawahan yang datar membentang dengan beberapa habibat burung bangau yang biasanya hinggap di atasnya, denganberragam warna dari putih sampai kecoklatan. Jalan akses menuju pantai Delodbrawah ini sendiri juga cukup bagis dengan jalanan yang mulus sehingga tidak akan membuat kesulitan bagi siapapun yang akan mengunjunginya.