Nikmatnya Kesejukan Dalam Kerindangan Taman Mayura, Lombok

Nikmatnya Kesejukan Dalam Kerindangan Taman Mayura, Lombok Reviewed by etravel on . This article We found is mainly about the info of Nikmatnya Kesejukan Dalam Kerindangan Taman Mayura, Lombok

==>>  Sebagai daerah tujuan wisata Indonesia, Lombok memang memiliki obyek wisata yang cukup beragam. Salah satunya adalah Taman Mayura. Pada tulisan kali ini, indoholidaytourguide akan mencoba mengulas sedikit tentang cagar budaya yang ada di Pulau Lombok ini. Taman mayura cakranegara adalah salah satu kawasan cagar budaya yang dimiliki  oleh Indonesia. Taman yang sangat indah ini merupakan obyek wisata yang harus anda kunjungin jika anda tengah berwisata di Pulau Lombok. Letak Read More…

Rating: 5

lombok taman mayura4 300x200 » Nikmatnya Kesejukan Dalam Kerindangan Taman Mayura, Lombok==>>  Sebagai daerah tujuan wisata Indonesia, Lombok memang memiliki obyek wisata yang cukup beragam. Salah satunya adalah Taman Mayura. Pada tulisan kali ini, indoholidaytourguide akan mencoba mengulas sedikit tentang cagar budaya yang ada di Pulau Lombok ini. Taman mayura cakranegara adalah salah satu kawasan cagar budaya yang dimiliki  oleh Indonesia. Taman yang sangat indah ini merupakan obyek wisata yang harus anda kunjungin jika anda tengah berwisata di Pulau Lombok.

lombok taman mayura 300x207 » Nikmatnya Kesejukan Dalam Kerindangan Taman Mayura, LombokLetak Taman Mayura cukup mudah untuk diakses, berada di Kelurahan Cakranegara Timur, Kecamatan Cakranegara di Kota Mataram.  Dengan berjalan kaki dari pusat perbelanjaan setempat, Anda telahbisa menjangkau lokasi taman tersebut. Sebenarnya di sebelah barat taman ini dahulu merupakan kompleks Puri Kerajaan Cakranegara sayang sekarang lokasi ini telah berubah menjadi kompleks tempat pemukiman penduduk, pertokoan dan perkantoran.

Taman Mayura memiliki sejarah yang cukup panjang. Taman ini sudah ada sejak Kerajaan Singasari atau Karangasem Sasak di Lombok pada awal abad ke-19. Ketika itu di Lombok masih terdapat kerajaan-kerajaan kecil, seperti Mataram, Pagesangan, Sengkano dan sebagainya

lombok taman mayura3 300x199 » Nikmatnya Kesejukan Dalam Kerindangan Taman Mayura, Lombok

Taman Mayura sebenarnya telah mengalami banyak perubahan, berawal dari tahun 1919 Pemerintah Hindia Belanda melakukan pemugaran yang pertama. Dan kemudian setelah kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1961 dilakukan pemugaran untuk menambahkan dua buah gapura pada sisi selatan taman.

Akan tetapi tambahan kedua gapura itu akhirnya dihapus pada waktu dilakukan pemugaran oleh DirJen Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk mengembalikan keaslian bangunan.

Taman Mayura Cakranegara memang bukan semata sebuah obyek wisata, peninggalan sejarah dan budaya karena masyarakat sekitar juga menafaatkan untuk tempat kegiatan spiritual. Maka jangan heran, jika anda tengah berwisata ke tempat ini anda menyaksikan  beberapa orang-orang  tengah melakukan ritual persembahyangan. Masyarakat beragam Hindu yang melakukan ritual tersebut bukan hanya masayarakat setempat, tapi beberapa diantaranya juga berasal dari luar Lomobok.

Satu lagi, jika anda suka memancing, anda bisa menyalurkan hobi anda saat berkunjung ke taman Mayura. Di Taman Mayura terdapat kolam yang luas dengan berbagai macam ikan yang dapat anda pancingi. Berwisata di taman Mayura adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan sesaat rasa lelah anda, seperti saat masuk di areal Taman anda akan langsung merasakan sejuknya udara di rindang pepohonan yang dilengkapi dengan beraneka kolam air yang ada di sekelilingnya.