Kota yang Terkenal dengan Nama Serambi Mekah memiliki Destinasi Wisata Banda Aceh yang Indah untuk Dikunjungi

Banda Aceh merupakan ibukota dari provinsi Aceh. Kota yang terkenal dengan hukum syariatnya ini, memiliki keindahan alam yang tersimpan di dalamnya. Kota yang terkenal dengan nama Serambi Mekkah ini memiliki tempat wisata yang indah dan wajib untuk dikunjungi.

Kota dengan hukum syariatnya ini memiliki wisata-wisata halal yang sempat viral. Banda Aceh ini merupakan kota Islam tertua pada Asia Tenggara. Banda Aceh terdapat banyak tempat wisata bertema islami dan tempat wisata sejarah. Kota ini juga sedang dalam pembangunan dikarenakan terjadi musibah tsunami pada tahun 2004 silam.

Pembenahan pada kota ini melingkupi banyak segi, salah satunya pada sektor pariwisatanya. Beberapa tempat wisata yang akan saya bagikan antara lain sebagai berikut :

1. Tempat Wisata Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman ini terletak di tengah ibukota Aceh. Masjid ini menjadi ikon kota Banda Aceh dari masa ke masa. Masjid ini sedang direnovasi secara besar-besaran dan didesain untuk bagian luarnya membentuk masjid Nabawi yang ada di Madinah.

Banyak para wisatawan baik dari lokal hingga luar negeri mendatangi masjid ini karena keindahannya. Selain masjid sebagai tempat beribadah masjid ini juga desain arsitekturnya sangat mewah dan menawan. Maka dari itu banyak wisatawan dari Indonesia hingga luar negeri yang datang ke masjid ini.

2. Tempat Wisata Museum Tsunami

Museum ini dibuat untuk mengenang kejadian tsunami pada tahun 2004 silam. Dan keindahan museum ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat. Museum ini sangat menawan dan menarik serta memiliki sejarah yang tinggi. Museum ini juga merupakan simbol dari bencana tsunami yang menimpa Aceh. Museum ini memiliki luas 2,5 hektar dan memiliki empat lantai.

Pada awal masuk, anda akan diperlihatkan lorong sempit dan gelap dengan diapit dinding air yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar terkesan seperti kejadian masa lampau yang membuat panik dan mengerikan. Untuk dindingnya juga dihiasi dengan para penari Saman, tarian khas Aceh.

Apabila dilihat dari atas, museum ini berbentuk gelombang tinggi tsunami dan untuk lantai dasarnya di desain sama dengan rumah panggung tradisional yang merupakan rumah adat Aceh. Terdapat ruangan dengan bentuk meruncing hingga ke atap, dinding berbentuk tersebut terdapat tulisan-tulisan nama korban tsunami dengan ditutup lafadz Allah pada bagian ujung atapnya.

3. Tempat wisata pantai Lampuuk

Wisata yang indah selanjutnya adalah pantai Lampuuk. Pantai ini memiliki pasir yang bersih dan keindahan alam yang masih terjaga. Banyak turis yang sering berkunjung ke pantai ini untuk tujuan berwisata dan berlibur.

Pantai ini terkenal dengan keindahan sunset yang indah, sehingga banyak wisatawan yang sengaja datang untuk menikmati keindahannya. Selain itu keindahan ombaknya juga sering dijadikan untuk surfing oleh para wisatawan.

Bagi anda yang ingin berlibur ke pantai ini bersama keluarga, disediakan fasilitas untuk keluarga yaitu banana boat yang dapat disewa untuk menjelajahi tepi laut. Pengunjung juga dapat berenang karena pantai ini sangat bersahabat ombaknya.

Setelah lelah bermain dengan ombak di laut ini. Selanjutnya anda dapat menikmati berbagai sajian masakan yang dijual di pinggiran pantai Lampuuk. Makanan yang dijual antara lain nasi goreng hingga mie Aceh dan minumannya es kelapa muda. Kemudian saat bersantai dapat menyewa pondok di tepi pantai.

Itulah beberapa destinasi wisata di Banda Aceh, tertarik untuk mengunjunginya bukan?

Tag: