Industri Wisata Yogyakarta, Sektor Penting Yang Patut Diperjuangkan

Industri  wisata di Yogyakarta tak bisa diremehkan, karena justru di sektor inilah tercipta lapangan pekerjaan yang menyerap ribuan tenaga kerja. Di bidang perhotelan saja, ada berapa ribu tenaga kerja yang dipkeerjakan di ratusan hotel  Yogyakarta.  Itu baru di bidang perhotelan, belum lagi tenaga kerja yang terserap dari industry kecil penghasil souvenir?  Industri wisata Yogyakarta merupakan sumber terbesar pendapatan daerah nomor yogyakarta_cultural_tourism_sekatendua setelah industri pertanian.

Para pelaku wisata di Yogyakarta hendaknya pintar membaca peluang. Sebagai misal, saat bulan ramadhan beberapa bulan silam, angka kunjungan wisatawan lokal mengalami penurunan. Tetapi bersamaan dengan itu justru angka kunjungan wisatawan dari luar negeri, terutama dari Eropa mengalami peningkatan. banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung di beberapa obyek wisata Ternyata pada saat bulan ramadhan di Indonesia, di Eropa justru tengah terjadi musim liburan. Peristiwa seperti ini harusnya sudah bisa diperkirakan sebelumnya, sehingga promosi wistata di Eropa bisa dilakukan lama sebelum musim liburan tersebut berlangsung.

Yogyakarta sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia ternyata masih merupakan i daerah tujuan wisata MICE Meeting, Incentive, Convention and Exhibition. Berbagai penyelenggaraan kegiatan MICE, baik skala nasional maupun internasional yang diadakan di daerah ini. Selain pameran, kegiatan rapat dan pertemuan dari intansi pemerintah maupun BUMN juga banyak diadakan di daerah ini. Dan kegiatan semacam ini tentu harus mendapatkan dukungan dari pihak pengusaha perhotelan untuk menyediakan fasilitas yang menunjang yaitu, tempat pertemuan berstandar nasional maupun internasional. Salah satu kelebihan Yogyakarta dibandingkan kota – kota besar lainnya adalah karena biaya hidup di Yogya memang murah sehingga biaya fasilitas dan akomodasi kegiatan wisata MICE termasuk rendah. Kegiatan wisata MICE sebenarnya bisa jadi hanya sebagai satu kegiatan wisata pembuka. Sebab bagaimanapun juga, para wisatwan yang tengah melakukan kegiatan tersebut tentu tidak akan melewatkan untuk menikmati Yogyakarta yang memiliki banyak obyek wisata. Minimal, jika mereka memiliki waktu yang sangat terbatas, mereka akan memanfaatkan sisa waktu mereka untuk melakukan wisata belanja.

Dari beberapa data yang ada, disebutkan bahwa tingkat hunian hotel di Yogyakarta, 10 hingga 20 persen berasal dari kontribusi kegiatan MICE yang digelar di Yogyakarta. Apakah kantor di tempat anda bekerja ingin membuat satu acara di Yogya? Ada baiknya anda mencoba mencari tahu hotel – hotel yang memberikan harga khusus. Silahkan kan klik disini untuk melihat perbandingan harga hotel – hotel di Yogya.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,