Fakta Tentang Wisata Pulau Sempu di Jawa Timur

Wisata Pulau Sempu di Jawa Timur dulunya sempat menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan. Namun, pada tahun 2018 lalu telah ada edaran mengenai perubahan fungsi Pulau Sempu dari yang sebelumnya merupakan pulau wisata menjadi CA atau Cagar Alam. Ada beberapa fakta mengenai Cagar Alam Pulau Sempu ini yang harus Anda ketahui sehingga Anda bisa memahami perubahan status ini.

Fakta pertama adalah Pulau Sempu ini adalah sebuah pulau yang unik di segi ekosistem alamnya. Itulah alasan mengapa pulau ini diubah statusnya menjadi Cagar Alam, tentu saja agar kelestariannya terjaga dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Ekosistem yang berada di Pulau Sempu ini adalah mulai dari Hutan Pantai, Hutan Mangrove dan Hutan Tropis Dataran rendah.

Karena pentingnya pulau ini, pulau ini sempat dijaga oleh pihak militer pada orde baru. Alasan lainnya tentu saja karena adanya flora fauna yang unik yang hidup dalam ekosistemnya mulai hewan seperti Lutung Jawa, Kera Hitam, Kera Abu-abu, Raja Udang, Kancil, Ikan Belodok dan lainnya. Perubahan status tersebut diharapkan dapat melindungi satwa juga fauna didalamnya.

Karena merupakan Cagar Alam, maka untuk mengunjungi Pulau Sempu memerlukan ijin khusus dengan tujuan khusus pula. Ijin masuk tersebut disebut sebagai SIMAKSI atau Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi yang dapat diminta di BBKSDA atau Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Timur dengan tujuan kunjungan yang jelas yakni penelitian dan pengembangan, ilmu pengetahuan dan pendidikan serta kegiatan budidaya.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menilik kembali apabila ada tawaran Wisata Pulau Sempu di Jawa Timur. Jikalau ada tawaran tersebut, dapat dipastikan bahwa penawaran tersebut adalah kegiatan ilegal yang melawan undang-undang yang ada. jikalau Anda tertangkap oleh pengawas kawasan Cagar Alam, maka anda bisa dipulangkan dengan tegas dan dapat dikenai sanksi tertentu oleh petugas yang berwenang.

Demikian informasi mengenai fakta Wisata Pulau Sempu di Jawa Timur yang kini sudah menjadi Cagar Alam.