Fakta Taman Nasional Gunung Leuser Menjadikan Alasan Aktor Luar Negeri Terkenal

Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Sumatra ini menjadi trend bukan hanya dikalangan orang Indonesia saja. Wisata Taman Nasional Gunung Leuser juga trend pada kalangan luar negeri. Apalagi lebih terkenal ketika aktor ternama peraih Oscar bernama Leonardo de Caprio datang berwisata ke Taman Nasional Gunung Leuser.

Aktor terkenal tersebut datang ke Taman Nasional Gunung Leuser ini datang berkunjung untuk berkampanye tentang lingkungan hidup dan pelestarian gajah. Leonardo de Caprio tidak datang sendirian, dia datang bersama aktor yang lain seperti Fisher Stevens dan Adrien Brody, mereka juga perduli terhadap pelestarian gajah. Kemudian mereka datang juga untuk bertemu dengan Rudi Putra peraih penghargaan Glodmans Enviromental Prize.

Aktor-aktor ini datang berkunjung mungkin karena alasan beberapa fakta yang ada di bawah ini, antara lain sebagai berikut :

1. Taman Nasional Gunung Leuser berada pada dua provinsi

Luas taman nasional ini adalah kurang lebih 1 juta hektar. Uniknya taman ini terletak pada dua provinsi yaitu provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh. Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Kota Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Aceh tenggara, Deli Serdang, Dairi, Langkat dan Karo adalah kota atau kabupaten yang mengelilingi gunung Leuser dan empat nama terakhirnya adalah kota yang berada di Sumatra Utara.

2. Taman Nasional Gunung Leuser Memiliki dua status Internasional

Taman ini memiliki dua statis internasional yaitu sebagai world heritage di tahun 2004 dan Cagar Biosfer di tahun 1981. UNESCO dan world Heritage Committee yang menetapkan status tersebut dan atas usulan pemerintah Indonesia dengan berbagai proses seleksi yang sangat ketat.

Program Man and The Biosphere UNESCO (MAB-UNESCO) yang mengakui Cagar Biosfer sebagai definisi kawasan pesisir atau ekosistem daratan agar dapat mempromosikan keseimbangan alam dengan manusia.

Kemudian pada World Heritage Convention (Konvensi Warisan Dunia) UNESCO memberikan status pada Taman Nasional Gunung Leuser sebagai World Heritage di tahun 2004, sebelum Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Lorentz telah terlebih dahulu mendapatkan peringkat World Heritage.

3. Merupakan bagian dari Tropical Rainforest Haritage Of Sumatera

Karena memiliki status warisan dunia maka Taman Nasional Gunung Leuser ini dikelompokkan menjadi satu dalam situs warisan hutan hujan tropis di Sumatera ( Tropical Rainforest Heritage Of Sumatera) menjadi warisan ini bersama dengan dua Taman Nasional yang lainnya, antara lain Taman Nasional Bukit Barisan dan Taman nasional Kerinci Seblat. Karena ketiganya memanjang terangkai menjadi satu dari Utara pulau Sumatra sampai ke selatan pulau Sumatra.

4. Merupakan habitat dari Hewan-hewan Eksotis dari Asia

Diperkirakan taman ini memiliki 89 spesies langka dan dilindungi. Beberapa diantara terus dilakukan upaya konservasi karena terancam punah. Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Orangutan Sumatera, Rangkong Papan, Ajag, Siamang, dan Beruang Madu merupakan beberapa jenis hewan yang tinggal di Taman Nasional Gunung Leuser.

5. Terdapat 7 Cagar Alam

Cagar Alam yang berada di Taman ini antara lain Kappi Cagar Alam, Cagar Alam Kluet, Sikundur Langkat, Ketambe Research Station, Singkil, Cagar Alam Gunung Leuser, Singkil Barat dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi beberapa fakta tentang Taman Nasional Gunung Leuser yang tidak saya sebutkan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tag: