Desa Penelokan, Desa indah berlatar Gunung Batur

Desa Penelokan adalah sebuah desa yang terdapat di kawasan wisata Kintamani kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli, provinsi Bali. Desa ini memiliki pemandangan alam yang indah yang terkenal di mata semua wisatawan. Hawa Desa Penelokan cenderung sangat sejuk dan alami, sehingga membuat siapapapun yang berkunjung menjadi betah dan meninggalkan kenangan tersendiri bagi para pengunjung. Dari kejauhan terdapat pemandangan Danau Batur yang menawan. Karena keindahan alamnya membuat banyak restaurant yang buka di kawasan ini dengan berlatar pemandangan gunung yang alami. Mencoba menikmati makan di restauran dengan view kawasan pegunungn yang asri menjadi kenangan tidak terlupakan bagi wisatawan.

Menurut cerita yang di dapat nama Desa Penelokan diambil dari kata untuk di lihat, dalam artian untuk di lihat yang fositip karena memang kawasan ini layak untuk di lihat karena pemandangannya yang indah. Desa Penelokan ini pernah terkena dampak letusan gunung Batur yang terjadi pada tahun 1917, letusan ini menyebabkan dampak buruk bagi desa penelokan secara keseluruhan. Namun setelah bertahun-tahun berlalu dampak letusan itupun sirna berganti dengan desa yang menghijau subur. Serta pemandangan lava hitam padat yang indah.

Sebagai kawasan wisata, Penelokan sudah cukup di tata dengan baik hal ini terlihat dengan adanya penataan dan kawasan di buat dengan dua tingkat untuk memenuhi pengunjung yang semakin banyak berdatangan tiap tahunnya. Di beberapa bagian juga terdapat taman-tamanĀ  buatan yang menambah keindahan sekitar tempat itu, untuk memberikan kenyamanan pengunjung yang akan menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit di sediakan beberapa bangku panjang. Serta tempat pembuangan sampah agar pengunjung tetap bisa menjaga kebersihan dan kealamian Penelokan.

Dengan perhatian pemerintah dan masyarakat setempat yang baik kawasan wisata Kintamani dan Penelokan pada khussunya pun bisa berkembang dengan baik dan membantu perekonomian masyarakat setempat. Mata pencaharian penduduk yang awalnya adalah mayoritas bertani jadi mempunyai alternatif lain dengan menjual jasa baik itu makanan, souvenir dan lain sebagainya di sekitar Penelokan. Pembangunan resort penginapan dan resoran di Penelokan di harapkan tetap memeperhatikan kaidah kerapian dan pelestarian lingkungan agar ke alamian Penelokan tetap bisa selalu terjaga.

Desa Penelokan yang berada di kawasan Kintamani dan dekat dengan Gunung Batur ini kurang Berjarak kurang lebih 63 km dari Denpasardan memakan waktu kuranglebih 1,5 sampai 2 jam perjalanan kendaraan. Sementara dari kota Bangli berjarak kurang lebih 23 kilometer dan bisa di tempuh dengan perjalanan 20 menit. Terdapat banyak pilihan kendaraan yang bisa di pakai dari mulai kendaan pribadi maupun kendaraan umum atau bemo. Desa Penelokan adalah desa yang berada di ketinggian 1450 diatas permukaan laut, maka cuaca pun akan dingin. Untuk yang akan berkunjung di harapkan menyediakan pakaian hangat sebelumnya agar bisa menyesuaikan dengan suasana Penelokan.