Danau Tondano, danau indah di Sulawesi Utara

Danau Tondano adalah sebuah danau yang terletak di desa Remboken, Tomohon, Provinsi Sulawesi utara. Danau ini memiliki luas sekitar 4.278 hektar dan berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Serta di kelilingi oleh 4 gunung/dataran tinggi yang indah yang mengelilinginya. Keempat dataran tinggi tersebut adalah Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu serta Gunung Masarang. Sehingga dari sisi danau, salah satu gunung yakni Gunung Kaweng yang indah akan terlihat dari kejauhan. Luas danau yang seluas 4.278 hektar mencakup kepada tiga buah kecamatan yakni Eris, Kakas dan remboken sendiri.

Danau ini merupakan salah satu objek wisata terkenal di Provinsi Sulawesi Utara. Di danau ini terdapat bangunan kecil tradional yang terbuat dari bambu dan menjorok ke danu yang indah dan tenang. Bentuk gubuk/bangunan ini mirip dengan dermaga kecil sehingga cocok di gunakan oleh wisatawan yang ingin bersantai, memancing, makan-makan dengan keluarga, berfoto maupun menikmati pemandangan indah yang di hamparkan oleh danau Tondano yng indah.

danau tondanoPuas menikmati pemandangan dari tepi danau dan gubuk pengunjung bisa mengelilingi danau dengan cara menaiki perahu yang terdapt di tepian. Kapasistas perahu ini hanya 10 orang jadi kalau kurang maka harud menunggu penumpang penuh dulu. Tarif yang di  kenakan saat tulisan ini di muat adalah Rp50.000,00. Saat mengelilingi danau akan terlihat sebuah pulau bernama Pulau Likri. Selama perjalanan wisatawan akn di manjakan oleh pemandangan danau yang indah.

Sementara masyarakat setempat banyak yang menangkap ikan khas danau tersebut yakni ikan  Nike menggunakan peralatan tradisional yakni berupa jaring yang menyerupai sebuah sendok yang memiliki tongkat di kedua sisinya. Ikan Nike yang di tangkap biasanya diolah menjadi bakso ikan dan di jual kepada wisatawan. Lalu ada juga ikan khas jenis lain yakni waku-waku bolanga yang biasanya di olah dengan cara di bakar. menikmati makanan khas dan kuliner asli Danau Tondano tersebut akan menjadi pengalamn yang berharga dan tidak akan terlupakan oleh para wisatawan.

Sebagai sebuah kawasan wisata yang sudah terkenal Danau Tondano sejak tahun 2003 sudah di kelola oleh pihak swasta agar semain nampak pesona dan pengelolaannya. Sudah terdapat fasilitas penginapan yang cukup baik di Danau Tondano ini antara lain sebuah Resor Wisata Bukit Sejak tahun 2003 daerah ini dikelola oleh sektor swasta. Selain itu ada juga  bungalow, kolam renang serta restoran.

Untuk menuju Danau Tondano ini maka jika dari kota terdekat yakni kota Tomohon berjarak sekitar 3 kilometer dan bisa di tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam . Sementara dari kota Manado  berjarak  30 km dari Manado. Perjalanan akan melewati kawasan yang jalanan berkelok yang indah. Sehingga menambah daya tarik Danau Tondano disebut “Sumaru Endo” Remboken.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,