Candi Prambanan, salah satu candi kebanggaan Indonesia

Candi Prambanan adalah sebuah candi agama hindu yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta tepatnya di perbatasan kabupaten Sleman dan Klaten. Candi ini merupakan candi umat Hindu terbesar di Asia Tenggara dan telah menjadi salah satu ikon wisata Indonesia di samping Borobudur Bali dan Danau Toba. Selain di kenal dengan Candi Prambanan Candi ini di kenal juga dengan nama Candi Roro Jonggrang karena dahulu pernah ada cerita legenda yang tertanam di Candi ini yang melibat seorang Putri bernama Roro Jonggrang.

Sebagai sebuah Candi Hindu, Prambanan di bangun di abad ke-9 masehi dan di persembahkan untuk tiga dewa utama umat hindu yakni Brahma, Wisnu dan Siwa. Ketiga dewa tersebut memiliki tugas dan kemapuan masing-masing. Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Candi yang tertinggi memiliki tinggi 47 meter, sementara Reliefnya menceritakan sebuah epik cerita Ramayana. Dimana dalam cerita tersebut Rama dan Sinta sedang melakukan perjalanan ke  sebuah hutan. Lalu Shinta di culik oleh rksasa jahat bernama Rahwana, sebelum akhirnya melalui pertempuran yang sengit Rama yang di bantu raja kera, hanoman berhasil mengalahkan Rahwana di Istananya Alengka dan berhasil membawa dewi Sinta kembali.

Candi PrambananSebagai sebuah peninggalan sejarah yang tinggi, Prambanan sempat terabaikan dan tidak di ketahui selama ratusan tahun lamanya. Sebelum akhirnya di temukan kembali oleh CA Lons yang merupakan seorang berkewaraganegaraan Belanda pada tahun 1722. Lalu Candi ini pun mengalami beberapa kali pemugaran sehingga bisa menampakan Candinya secara utuh dan indah. Karena keindahan dan kerumitan arsitekturnya yang menawan, Prambanan kemudian di nobatkan sebagai salah satu warisan duni UNESCO pada tahun 1991.

Wilayah Candi Prambanan sendiri memiliki luas 39,8 ha. Di sebuah temapat bernama pekarangan utama terdapat tiga buah candi, 3 buah candi Wahana, 2 buah candi Apit serta 8 candi Patok. Sementara di pekarangan kedua, terdapat 224 buah candi Perwara. Untuk menikmati keindahan Candi Prambanan yang indah maka pengunjung bisa menjelejahinya dengan cara berjalan kaki. Taman yang indah, rerumputan yang tertata dengan baik, pepohonan yang rimbun serta jalanan di sekitar Candi yang bersih memudahkan para pengunjung untuk berjalan kaki menikmati setiap pesona yang di tampilkan.

Candi Prambanan berada di tempat yang strategis perbatasan Provinsi DIY dan Jateng, dan terletak persis di depan sebuah jalan ramai lintas Yogya-Solo-Surabaya sehingga sangat mudah untuk di tempuh dan di kunjungi. Untuk dapat mengunjungi Prambanan, jika dari kota Yogyakarta maka bisa di tempuh menggunakan bis Trans Jogja yang melayani rute ke Prambanan dan berhenti di sebuah terminal kecil di sekitar Candi Prambanan. Bis Trans Jogja ini mulai beroperasi dari jam 6 pagi sampi 9 malam.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,