Bunaken, surga indah di utara sulawesi

Bunaken, surga indah di utara sulawesi Reviewed by evacation on . This article We found is mainly about the info of Bunaken, surga indah di utara sulawesi

Nama Bunaken terkenal sampai ke mancanegara sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Hal ini tidak terlepas dari status indonesia sendiri sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, sehingga pantai-pantai dan laut di indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa indahnya. Salah satunya dari sekian banyak tempat di Indonesia yang memiliki tempat yang indah adalah Bunaken ini. Di Taman Laut Bunaken para pengunjung yang datang akan melihat Read More…

Rating: 4

Nama Bunaken terkenal sampai ke mancanegara sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Hal ini tidak terlepas dari status indonesia sendiri sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, sehingga pantai-pantai dan laut di indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa indahnya. Salah satunya dari sekian banyak tempat di Indonesia yang memiliki tempat yang indah adalah Bunaken ini. Di Taman Laut Bunaken para pengunjung yang datang akan melihat berbagai rupa kehidupan bawah laut yang indah dan berwarna-warni.

Letak Bunaken sendiri berada di utara pulau Sulawesi tepatnya di Teluk Manado, luasnya sekitar 8,08 km². Sebagai sebuah laut yang memiliki berbagai macam biota laut yang indah, maka keberadaan Bunaken dan kawasan di sekitarnya seperti Pulau Siladen da Pulau Mantehage, yang termasuk dalam pulau manado tua di lindungi dalam sebuah kawasan Taman Nasional Bunaken.

bunaken » Bunaken, surga indah di utara sulawesi Menurut catatan terdapat sekitar 91 jenis ikan  yang berada dan hidup di Taman Laut Bunaken, diantar ikan-ikan tersebut antara lain adalah koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), goropa (spilotocepsep hinephelus ) dan lain sebagainya. Selain itu masih terdapat moluska seperti nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas), tunikates atau askidian dan lain lain.

Sementara terumbu karang berjumlah 13 jenis yang mayoritas di dominasi oleh bebatuan laut. Terdapat sebuah terumbu karang vertikal yang terjal ke bawah yang memiliki kedalaman 25-50 meter, yang akan membuat keindahan tersendiri untuk yang menyaksikannya. Dan titik spot penyelaman scuba diving sejumlah 20 buah yang bisa di nikmati oleh para pengunjung yang menginginkan sensasi berenang di dasar laut, dengan berbagai biota laut di sekitarnya.

Selain menyelam mengelilingi pulau dengan berjalan kaki serta mengunakan kapal yang berfungsi untuk pindah ke tempat lainnya adalah kegiatan yang bisa di lakukan. Selain itu pemandangan laut masih bisa di saksikan bukan hanya melalui menyelam, yaitu dengan cara  naik kapal semi selam yang terdapat di lepas pantai Pulau Bunaken. Kapal ini mempunyai dinding-dinding kaca yang bisa mengintip pemandangn di sekitar laut.

Bulan  Mei hingga bulan Agustus. Adalah bualn terbaik untuk mengunjungi Bunaken karena saat bulan inilah para pengunjung bisa mengunjungi seluruh spot taman laut yang indah. Sebagai sebuah bentuk penghargaan dan pengakuan ata keindahan Taman Nasional Bunaken yang didirikan pada tahun 1991 ini maka  tahun 2005 Bunaken di tetapkan menjadi warisan dunia Unecsco. Para pengunjung pun semakin banyak berdatangan untuk menyaksikan keindahan sendiri taman laut bunaken yang indah ini.

Untuk mencapai taman laut Bunaken yang terletak di Manado Sulawesi utra ini maka para pengunjung bisa menggunakan transportasi udara yang sering membuka penerbangan setiap hari baik dari Jakarta, Denpasar, Makassar dan kota lainnya. Setelah sampai Manado maka perjalanan bisa di lanjutkan menggunakan perahu motor. Dan memakan waktu sekitar 40 menit.