Asyiknya Jalan Jalan Di Jembatan Suramadu

Jembatan penghubung Surabaya dan Madura yang dikenal dengan Jembatan Suramadu ini memiliki sejarah yang panjang, sepanjang bangunan jembatan. Sejak dibangunnya Jembatan Suramadu, banyak orang yang merasa tertolong karena bisa dengan mudah menyeberang dan pergi pulang balik dari Surabaya ke Madura. Jembatan Suramadu menjadi bangunan yang sangat penting yang menghubungkan dua kota sekaligus menjadi tempat wisata yang populer. Mengapa Jembatang Suramadu menjadi icon populer Wisata Jawa Timur? Jembatan Suramadu menawarkan keindahan alam serta keindahan arsitekturnya, apalagi jika di malam hari, pemandangan lampu-lampu warna warni memberikan sensasi dan suasana tersendir yang tak akan anda dapatkan di tempat lain. Selain menjadi bangunan penghubung untuk menyeberang, Jembatan Suramadu bisa menjadi destinasi wisata. Anda bisa jalan jalan di Jembatan Suramadu bersama teman atau keluarga dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan di sana.

Tentang Jembatan Suramadu

Merupakan jembatang yang berfungsi untuk melintasi selat Madura, yang kemudian menghubungkan antara Pulau Jawa, tepatnya Surabaya dan Pulau Madura. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 m sehingga patut bila dinamakan sebagai jembatan terpanjang yang ada di Indonesia. Jembatan Suramadu ini terdiri dari 3 bagian, yakni jalan laying, jembatang utama serta jembatan penghubung. Jembatan ini telah diresmikan awal pembangunannya oleh Ibu Presiden Megawati Soekarnoputri, tepat pada tanggal 20 Agustus 2003 lalu diresmikan pembukaannya oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tepat pada tanggal 10 Juni 2009. Pembangunan ini sengaja ditujukan untuk membantu mempercepat pembangunan yang terjadi di Pulau Madura yang meliputi bidang infrastruktur serta bidang ekonomi yang memang relative lebih tertinggal dibandingkan dengan kawasan lainnya di Jawa Timur.

Konstruksi

Jembatan Suramadu ini pada dasarnya adalah gabungan dari 3 jenis jembatan yang secara keseluruhan memiliki panjang 5.438 m dan lebar sekitar 30 m. Jembatan ini memiliki 4 lajur dua arah yang lebarnya 3.5 m dengan kedua lajur darurat dengan lebar 2.75 m. Jembatan tersebut juga memiliki jalur khusus yang difungsikan sebagai pengendara sepeda motor tepat di setiap sisi luar jembatannya.

Jalan Layang

Jalan jalan di Jembatang Suramadu terbagi menjadi 3, dan salah satunya adalah jalan layang atau Causeway yang dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan konstruksi jemabtan dengan jalanan darat melalui perairan yang dangkal tepat di kedua sisinya. Jalan layang ini terbentuk dari 36 bentang yang panjangnya 1.458 m pada sisi Surabaya serta 45 bentang yang panjangnya 1.818 m pada sisi Madura. Jalan layang tersebut memakai konstruksi penyangga PCI sepanjang 40 m dan tiap bentangnya disangga oleh pondasi pipa baja dengan diameter 60 sentimeter.

Jembatang Penghubung

Selain jalan layang ada pula jembatang penghubung yang akan menghubungkan jalan layang dengan jembatan utama. Jembatan ini terdiri dari 2 bagian dan masing-masing sepanjang 672 m. Jembatan penghubung memakai konstruksi penyangga beton kotak yang panjangnya 80 m untuk tiap bentangnya dengan tujuh bentang di tiap sisinya yang ditopang pondasinya dengan penopang yang berdiameter 180 sentimeter.

Jembatan Utama Jembatan ini terdiri dari 3 bagian, yakni 3 bentang samping yang panjangnya 192 m dan 1 bentang utama dengan panjang 434 m. Jembatan utama memakai konstruksi cable stayed yang disangga oleh menara kembar yang tingginya 140 m. Lantai jembatan ini memakai konstruksi komposit yang memiliki ketebalan 2,4 m. Untuk mengakomodasi perjalanan di lautan/pelayaran kapal laut di mana kapal laut akan melintasi Selat Madura, jembatan ini akan memberikan ruang bebas dengan tinggi 35 m dari atas permukaan lautnya. Jika Anda sedang jalan jalan di Jembatan Suramadu, maka pastikan untuk memahami dengan baik struktur jembatan dan bagian-bagian dari jembatan tersebut.

Menikmati wisata Jembatan Suramadu bisa kita lakukan kapan saja. Baik saat siang ataupun malam keduanya menawarkan kepuasan berwisata bagi para pengunjungnya. Bahkan kita berwisata di Suramadu dengan berlayar laut seputar Jembatan. Bagaimana, apakah anda penasaran melayari laut dan melihat Suramadu dari atas kapal?! Jangan tunda rencana anda untuk datang berwisata di Surabaya dan melihat sendiri keindahan jembatan icon wisata Jawa Timur ini.