5 Wisata Wajib Dikunjungi Saat Berada Di Asmat Papua

Berbicara mengenai wisata di Papua pastinya yang terlintas di pikiran Anda adalah keindahan alamnya baik yang berada di daratan maupun di perairan, dan juga pulau-pulau kecil di sekelilingnya yang cantik menawan. Begitu juga dengan salah satu kabupaten yang berada di Papua yaitu Kabupaten Asmat, kabupten ini beribukota di Agats. Kabupaten Asmat memiliki beberapa tempat wisata yang yang menarik dan eksotik. Berikut ini merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Asmat:

1. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz ini letaknya berada di wilayah Distrik Sawa Erma Alam, Kabupaten Asmat, Papua. TN Lorentz ini luasnya mencapai sekitar 2,4 juta hektar, oleh karena itu tidak salah kalo taman nasional ini diakui sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Di TN Lorentz ini terdapat banyak tumbuhan dan binatang asli Papua, selain itu terdapat pula suku penduduk yang tinggal disana, seperti Suku Nduga, Suku Amungme, Dani Barat, Suku Sempan dan Suku Asmat. Jika Anda datang ke Kabupaten Asmat jangan lewatkan kesempatan untuk datang dan menikmati pemandangan di TN Lorentz ini.

2. Suku Asmat

Suku Asmat adalah suku asli yang tinggal di Papua, suku ini juga merupakan suku yang memiliki populasi terbesar dan terkenal di Papua. Suku Asmat paling dikenal dengan karya seni ukiran kayunya yang banyak memiliki filosofi, makna dan kebanyakan tiap ukirannya mencerminkan Suku Asmat itu sendiri. Masyarakat Suku Asmat dalam kehidupan sehari-harinya sangat menyatu dengan alam.

Mereka sangat menghormati, melindungi, dan menjaga kelestarian serta keseimbangan alamnya. Mereka selalu menganggap bahwa alam merupakan bagian dari kehidupan yang wajib untuk dilestarikan dan dijaga. Jika Anda berkunjung ke Asmat maka Anda jangan mengotori tempat tersebut dengan sampah maupun coretan-coretan, Anda harus turut menjaga kebersihan dan kelestarian disana. Jika Anda melanggar, maka bisa saja Anda akan terkena sanksi atau hukuman oleh masyarakat Asmat.

3. Pesta Budaya Asmat

Pesta budaya Asmat atau biasa disebut dengan Festival Pesona Budaya Asmat (FPBA) ini diadakan sekali dalam setahun, biasanya pesta budaya Asmat diselenggarakan di ibukota kabupatennya yaitu Agats. Dalam festival budaya ini akan banyak disuguhkan tampilan tarian-tarian, lagu-lagu, pameran ukiran seni patung dan masih banyak lagi lainnya. Acara pesta budaya Asmat ini biasanya diselenggarakan pada bulan Oktober, jadi jika Anda ingin melihat festival ini Anda bisa datang ke Asmat pada sekitar bulan Oktober. Tentunya Acara ini akan berlangsung sangat meriah dan menarik, jadi jangan sampai terlewatkan.

4. Museum Kebudayaan Asmat

Museum Budaya dan Perkembangan Asmat ini letaknya berada di Agats, Papua. Museum ini secara resmi dibuka pada tanggal 17 Agustus 1973, di dalam museum ini terdapat sekitar 1.200 benda yang merupakan hasil karya dari masyarakat Suku Asmat. Benda-benda tersebut dipamerkan dan disimpan supaya tetap terawat, terjaga dan lestari. Bila Anda berkunjung ke Agats, Anda bisa mampir untuk melihat-lihat keindahan hasil karya seni masyarakat suku Asmat disini.

5. Rawa Baki

Rawa Baki letaknya berada di Distrik Suator, Kab. Asmat, Papua. Rawa baki ini merupakan salah satu tempat di Papua yang dijadikan sebagai kawasan konservasi. Di sini terdapat banyak sekali tumbuhan dan binatang, berbagai macam binatang banyak tinggal dan hidup di Rawa Baki. Disini juga memiliki koleksi anggrek yang cukup banyak, terdapat kurang lebih sekitar 38 jenis anggrek. Selain itu terdapat pula koleksi tanaman kayu seperti kayu gaharu, meranti dan lain sebagainya. Jika Anda berkunjung ketempat ini, jangan lupa untuk ikut membantu merewat dan menjaga kelestarian alamnya dengan tidak mengotori tempat ini.

Demikianlah tadi beberapa wisata yang dapat Anda kunjungi dan nikmati saat berada di Kabupaten Asmat, Papua. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda saat ingin berwisata ke Kabupaten Asmat. Sekian dan terimakasih.