5 Wisata Mempesona Di Kabupaten Karo, Sumut

Kabupaten Karo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibukota kabupaten ini berada di Kabanjahe dan lokasi Kabupaten Karo ini letaknya ada di dataran tinggi Karo wilayah Bukit Barisan, Sumut. Di kabupaten ini terdapat banyak tempat wisata yang sangat menarik. Jika Anda sedang berada di tanah Karo ini atau berencana untuk pergi berlibur, maka Anda dapat mendatangi berbagai tempat wisata yang ada disini.

Berikut ini merupakan 5 tempat wisata mempesona yang berada di Kabupaten Karo, Sumut:

1. Taman Alam Lumbini

Di Taman Alam Lumbini ini yang paling menarik adalah adanya Pagoda yang merupakan tempat umat Buddha melakukan ibadah. Bangunan Pagoda ini merupakan pagoda yang tertinggi di Indonesia, karena yang tertinggi Pagoda ini mendapatkan rekor MURI. Sesungguhnya bangunan Pagoda Lumbini adalah replika dari Pagoda Shwedagon yang terletak di Bhurma, Myanmar. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, Anda hanya akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

2. Pemandian Lau Sidebuk-debuk

Pemandian Sidebuk-debuk ini letaknya berada di Desa Daulu, Kecamatan Berastagi, Karo. Ini merupakan pemandian air panas alam, air yang berada di pemandian ini bersumber dari mata air panas yang terletak di sebelah selatan Gunung Sibayak. Air panas ini mengandung sulfur atau belerang dan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti jerawat, gatal-gatal, panu dan lain sebagainya. Jika Anda ingin masuk ke pemandian ini, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

3. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso ini letaknya berada di Desa Tongging, kabupaten Karo. Lokasi air terjun ini berada di wilayah perbukitan yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 800 meter diatas permukaan laut. Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian hingga 120 meter, ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Pemandangan Air Terjun Sipiso-piso ini sungguh indah, banyak pohon pinus yang tumbuh lebat mengelilingi air terjun. Kesan asri dan hawa yang sejuk melekat disini, selain itu Anda bisa melihat keindahan bentang alam Karo melalui gardu pandang yang berada di puncak bukit. Dari gardu pandang akan tampak keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir yang berada ditengahnya.

4. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung yang berada di Kabupaten Karo. Suku Karo menyebut Gunung Sibayak ini dengan sebutan “Gunung Raja”. Gunung Sibayak ini sudah tak asing lagi bagi para pecinta alam dan pecinta gunung. Gunung ini memang sering didaki oleh para pendaki, dari atas gunung ini Anda bisa melihat keindahan Kota Berastagi dan sekitarnya. Yang lebih indah lagi jika Anda bisa menyaksikan panorama indah matahari terbit (sunrise) dari atas Gunung Sibayak ini.

5. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling ini letaknya berada di Desa Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo. Jaraknya sekitar 66 kilometer dari Kota Medan, Bukit Gundaling ini lokasinya berada pada ketinggian 1.575 mdpl. Akses menuju ke tempat wisata ini cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Di bukit ini Anda dapat melihat panorama yang indah sembari menikmati terpaan angin yang berhembus. Dari sini pula Anda dapat melihat dua gunung berapi aktif yakni Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Itulah 5 tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berada di Kabupaten Karo, selain 5 tempat wisata tadi masih banyak tempat wisata lain yang tak kalah menarik dan indah. Jadi Anda dapat berkeliling Kabupaten Karo sembari menikmati wisata-wisata yang terdapat disana. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermafaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Tag: