5 Wisata Kabupaten Halmahera Barat Prov. Maluku Utara

Kabupaten Halmahera Barat merupakan salah satu kabupaten yang letaknya berada di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Kabupaten ini beribukota di Jailolo. Halmahera Barat dari dulu terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya, selain itu juga di Halmahera Barat banyak terdapat destinasi wisata yang sangat indah dan menarik.

Berikut ini adalah 5 wisata yang berada di Kabupaten halmahera Barat:

1. Pantai Lako Akediri

Pantai Lako Akediri ini letaknya tidak jauh dari Teluk Jailolo, di pesisiran pantai ini banyak tumbuh tanaman bakau. Tanaman bakau tumbuh dengan subur dan rimbun disepanjang pesisir pantai. Apabila wisatawan ingin berkeliling menyusuri hutan bakau Pantai Lako Akediri ini, maka wisatawan dapat menyewa perahu-perahu kayu para nelayan sekitar.

Di Pantai Lako Akediri ini juga dikenal dengan keindahan panorama matahari tenggelam (sunset), para wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam sambil duduk-duduk di pinggiran pantai.

2. Pulau Damar

Pulau Damar ini letaknya berada di Desa Idamdehe, Halmahera Barat. Pulau ini mempunyai pemandangan yang indah, tidak hanya pada pulaunya saja melainkan juga pada pemandangan bawah lautnya. Air yang mengelilingi pulau ini juga terlihat sangat bening dan banyak jenis ikan yang hidup di sekitar Pulau damar ini.

Di Pulau Damar sendiri banyak ditumbuhi pepohonan dan terdapat batu-batu besar yang membuat pulau ini menjadi terlihat indah dan cantik. .

3. Pantai Pastofiri´╗┐

Pantai Pastofiri ini letaknya kurang lebih berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Jailolo. Pastofiri ini tergolong pantai yang kecil, luasnya kurang dari 1 kilometer persegi. Pantai Pastofiri merupakan pantai yang tak berpenghuni jadi pantai ini masih belum banyak terjamah manusia. Walaupun pulau ini berukuran kecil, namun memiliki pemandangan yang indah dan menawan. Pasir pantainya yang putih dan air lautnya juga tampak bersih nan jernih. Selain itu, pemandangan bawah lautnya pun tak kalah menarik, banyak berbagai jenis terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup disini, jadi para wisatawan dapat menikmati pesona bawah laut Pulau Pastofiri dengan menyelam.

4. Pantai Idamdehe

Pantai Idamdehe ini berada di wilayah pesisir Desa Idamdehe, Jailolo, Halmahera Barat. Pantai ini memiliki suatu keunikan, dimana terdapat 2 aliran air yang berbeda di sekitar pantainya. Hal ini bisa terjadi karena Idamdehe merupakan pantai vulkanik sehingga terbentuklah perbedaan aliran air, pada lautan sebelah utara aliran airnya terasa panas dan pada laut sebelah selatan aliran airnya terasa dingin.

Pantai Idamdehe ini juga memiliki pemandangan yang eksotis, banyak wisatawan datang kemari untuk menikmati pemandangan pantai dan juga bawah lautnya.

5. Pulau Babua

Pulau Babua ini memiliki pemandangan yang sangat indah, selain pemandangan di sekeliling pantainya pemandangan bawah lautnya pun tak kalah menawan. Berbagai macam terumbu karang dan ikan-ikan tumbuh dan hidup di sekitar Pulau Babua ini. Para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Babua ini dapat duduk-duduk di pinggiran pantai seraya menikmati pemandangan yang indah nan eksotik. Selain itu kegiatan menyelam pun bisa dilakukan, dengan disuguhkannya pemandangan bawah laut yang cantik dan tiada duanya pastinya akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Demikianlah tadi 5 wisata yang ada di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi para pembacanya. Sekian dan terimakasih.

Tag: