5 Wisata Kabupaten Agam Sumatera Barat yang Mempesona

Sumatera Barat menyajikan keindahan alam yang wajib untuk disinggahi terutama di wilayah Kabupaten Agam. Tak hanya menyuguhkan wisata alam seperti danau, air terjun dan pantai, di Kabupaten Agam juga terdapat objek wisata sejarah yang merupakan peninggalan zaman dahulu. Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di Sumatera Barat terutama di Kabupaten Agam, silahkan disimak 5 wisata Kabupaten Agam Sumatera Barat berikut ini:

1. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung merapi. Menurut legenda dari warga setempat, Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan. Namun, pesona keindahan alam dari Danau Maninjau tak perlu diragukan lagi. Anda juga bisa melihat Danau Maninjau secara keseluruhan dari Puncak Lawang sembari merasakan semilir angin pegunungan.

2. Banto Royo

Tempat wisata Banto Royo ini baru saja diresmikan pada 28 Oktober 2018 di lahan seluas 6,2 hektar dan 80% dari wilayahnya adalah air. Banto Royo ini menyajikan pemandangan areal persawahan dan jejeran bukit yang memanjakan mata wisatawan. Tak heran jika suasananya terasa sangat asri. Selain itu, banyak juga wahana bermain seperti flying fox, kano, perahu air, kolam air, dll.

3. Air Terjun Gadih Ranti

Kabupaten Agam di Sumatera Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya, dan salah satunya adalah air terjun Gadih Ranti. Tempat ini dinamakan Gadih Ranti karena mitos yang tersebar di daerah disana, konon katanya dulu ada seorang putri bernama Gadih Ranti yang berparas cantik dan berambut panjang, diatas air terjun adalah tempat mandinya, maka dari itu tempat ini dinamakan Gadih Ranti. Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini memiliki beberapa air tejun yang terpisah-pisah dengan tebing hijau.

4. Monumen Pesawat Avro Anson RI-003

Tak hanya kaya akan keindahan alam nya saja, Kabupaten Agam Sumatera Barat juga menyuguhkan peninggalan sejarah yang bisa kita pelajari. Wisata monumen pesawat ini berada di Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang yang hanya berjarak 5km dari kota Bukittinggi. Pesawat Avro Anson RI-003 adalah pesawat yang multifungsi dan bermesin ganda keluaran Inggris. Pesawat ini jatuh di daerah Tanjung Hantu, perairan Selat Malaka karena kerusakan mesin. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kabupaten Agam, sempatkan datang ke Monumen Pesawat Avro Anson RI-003 juga untuk belajar sejarah dan mengenang perjuangan Bangsa Indonesia dalam melawan Penjajah Belanda ya.

5. Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Satu lagi destinasi wisata di Kabupaten Agam yang menyuguhkan Sejarah. Museum ini menghadap ke arah Danau Maninjau yang juga terkenal dengan pesona alamnya. Rumah ini dulunya ditempati oleh Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang akrab dipanggil Hamka sejak lahir hingga sebelum pindah ke Padang Panjang. Rumah ini juga sempat hampir dirobohkan oleh Penjajah Jepang. pada tahun 2000, Gubernur Sumatera Barat pada saat itu, Zainal Bakar membangun kembali rumah ini dengan tidak menghilangkan bentuk aslinya dan menjadikannya sebagai museum. Isinya adalah benda-benda peninggalan dari Buya Hamka.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi 5 wisata Kabupaten Agam Sumatera Barat seperti di atas? Tak hanya merasakan pesona alamnya yang luar biasa, di Kabupaten Agam kita juga dapat belajar sejarah dari peninggalan zaman dahulu. Selain itu kita juga merefresh kembali pikiran kita dari penatnya pekerjaan atau rutinitas sehari-hari. Kalian bisa merencanakan untuk memilih dan berangkat ke salah satu dari 5 wisata Kabupaten Agam Sumatera Barat di atas.

Tag: