5 Tujuan Wisata Kabupaten Siak Riau yang Wajib Dikunjungi

Berkunjung ke Riau tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi beberapa tujuan wisata Kabupaten Siak Riau hits yang akan kita bahas ini. Kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Riau ini menawarkan cukup banyak pilihan tujuan wisata yang menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya wisata alam, namun Kabupaten Siak juga menawarkan wisata religi dan wisata kuliner yang tidak kalah menariknya. Bahkan, ada yang bilang bahwa Kabupaten Siak ini merupakan Bandung-nya Sumatera lho! Penasaran ada tujuan wisata apa saja di Kabupaten Siak? Check it out!

1. Istana Siak Sri Inderapura

Tujuan wisata kabupaten Siak Riau yang pertama adalah Istana Siak Sri Inderapura. Istana Siak Sri Inderapura ini berlokasi di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kota Siak, Kabupaten Siak, Riau. Disana anda akan melihat peninggalan sejarah yang begitu megah yakni Istana Siak Sri Inderapura. Istana ini merupakan peninggalan kesultanan Siak yang dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalul Syaiffudin.

Disini selain anda dapat menikmati arsitekturnya yang indah, juga terdapat satu peninggalan alat musik klasik yang konon, hanya ada dua buah jumlahnya di dunia, satu di Siak, dan satu lagi disimpan di Jerman. Tertarik untuk melihatnya? Silahkan kunjungi Istana Siak Sri Inderapura jika mengunjungi Riau ya!

2. Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal Kato Kesultanan Siak merupakan tujuan wisata kabupaten Siak Riau kedua yang cukup menarik dan worthy untuk dikunjungi. Masih tentang Kesultanan Siak, Kapal ini dahulu digunakan untuk berkeliling mengunjungi daerah wilayah kesultanan Siak. Dapat dibilang, kapal ini menjadi kendaraan dinas Sultan pada masanya. Anda dapat melihat penginggalan sejarah ini sekaligus mendapatkan informasi sejarah jika berkunjung kemari.

3. Danau Alam Zamrud

Selesai berwisata sejarah, anda yang ingin mengunjungi tujuan wisata alam di Siak Riau yang lagi hits, anda bisa mengunjungi Danau alam Zamrud. Danau Zamrud ini berlokasi di ladang minyak milik Coastal Plan Pekanbaru di desa Zamrud, Siak Sri Inderapura. Anda dapat berkendara selama 3 jam dari kota Pekanbaru untuk sampai di tempat wisata ini. Bagi anda yang sedang mencari ketenangan, berkunjung ke danau ini sepertinya dapat menjadi hal yang tepat. Pasalnya, danau ini terletak jauh dari pemukiman penduduk dan hiruk pikuk perkotaan. Anda akan terkejut dengan panorama indah yang bisa anda nikmati di danau alam zamrud ini.

4. Komplek Makam Raja Siak

Tujuan Wisata Kabupaten Siak Riau selanjutnya yang sayang jika tidak anda kunjungi adalah komplek makam Raja Siak. Disini anda dapat melihat langsung makam Sultan Kerajaan Siak yang Keempat, Kelima, dan Panglima perang kerajaan Siak, serta anggota keluarga kerajaan yang lain. Berkunjung ke komplek makam raja siak ini dapat menjadi wisata budaya yang tidak akan anda temukan di daerah lain.

5. Turap Siak

Apa itu Turap Siak? Turap Siak awalnya dibangun untuk mencegah abrasi di pinggir Sungai Siak, namun, kini di dekat Turap Siak ini dimanfaatkan para pedangang untuk berjualan menjajakan kuliner-kuliner enak yang patut anda coba. Disini juga ada yang menawarkan Wifi Gratis lho, jadi makan sambil wifian dapat menjadi alternatif istirahat anda setelah seharian berwisata di Kabupaten Siak.

Nah itu tadi 5 Tujuan Wisata Kabupaten Siak Riau yang wajib dikunjungi ketika anda sedang mengunjungi Riau. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Tag: