5 Pesona Wisata Kabupaten Maluku Tenggara

Wilayah timur Indonesia seakan tak pernah habisnya untuk dieksplorasi, baik dari pesona wisata alam, pantai, pesona bawah laut dan keindahan alam lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

5 pesona Wisata Kabupaten Maluku Tenggara ini bisa jadi pilihan Anda bersama keluarga atau orang terkasih untuk menghabiskan waktu liburan.

Seperti yang diketahui, Maluku merupakan wilayah pulau yang berada di wilayah timur Indonesia, tepatnya di dekat Papua dan Sulawesi. Karena kondisi pulau Maluku yang masih jarang terjamah, menjadikan wisata di pulau Maluku ini bisa jadi destinasi Andalan untuk Anda dan keluarga.

Berikut adalah 5 pesona wisata Kabupaten Maluku Tenggara Maluku yang bisa menjadi opsi liburan keluarga Anda:

1. Pantai Ngurtafur

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Maluku Tenggara. Pantai ini terletak di pulau Waha, di wilayah Ohoi desa Warbal kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara. Pantai yang berpasir putih ibu menjorok ke laut sejauh 2000 meter. Keindahan pantai ini juga berasal dari pulau-pulau kecil yang mengelilinginya, yang menjadikan panorama pantai itu semakin mempesona.

Untuk bisa menjangkau pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 28 KM dari Langgur Ibu, yang merupakan ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Jika ingin ke pantai itu, Anda bisa melakukan perjalanan melalui pelabuhan Debut dengan waktu tempuh selama sekitar 20 menit an, yang bisa ditempuh dengan speedboat.

2. Gua Hawang

Gua Hwang terletak di Desa Letvuan. Gua ini menjadi salah satu obyek wisata yang memiliki kolam air tawar yang jernih dan dikelilingi oleh hutan. Perpaduan stalagmit dan stalaktit nya juga sangat indah sehingga menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang sangat cantik. Menurut bahasa setempat, Hawang memiliki arti “Setan”. Karena mitosnya, yang berenang di gua ini akan awet muda, enteng jodoh, dan cepat mendapatkan keturunan. Sebelum dijadikan obyek wisata, tempat ini dulunya juga dijadikan sebagai tempat bersemedi karena dipercaya mendatangkan keberuntungan.

3. Gua Luvat

Tak hanya berwisata alam saja, di Maluku Tenggara tepatnya di Ohoi Dertawun ada situs purbakala yang masih bisa Anda nikmati. Gua Luvat menjadi obyek wisata karena menyimpan misteri dari zaman purba. Dari zaman Megalitikum atau zaman Batu Besar. Di dinding gua ini terdapat lukisan berbentuk matahari, panah, perahu, dan hewan. Anda harus sedikit jeli untuk dapat melihat lukisan ini. Namun, jika sudah menemukan satu, Anda akan dengan mudah menemukan lukisan lainnya.

4. Bukit Masbait

Bukit Masbait menjadi tempat ziarah untuk umat Katolik karena terdapat patung Kristus Raja yang dapat berputar. Terlebih lagi, disini Anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset yang sangat indah.

5. Pulau Kapal

Pulau Kapal terletak di sebelah Desa Sathean yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Ibukota Kabupaten Maluku Tenggara. Di pantai ini, Anda bisa melakukan snorkeling. Sebab, airnya yang jernih dan terumbu karangnya yang indah mempesona membuat Anda betah berlama-lama di pulau ini.

Konon, menurut ceritanya pulau ini dinamakan Pulau Kapal karena anak durhaka yang tidak mau mengakui kedua orangtuanya, sehingga kapal yang ia miliki dan tumpangi dihantam ombak besar, oleng dan karam. Kapal itupun menjelma menjadi sebuah pulau yang bentuknya menyerupai kapal, dan dinamakan Pulau Kapal.

Itulah 5 pesona wista Kabupaten Maluku Tenggara Maluku yang bisa Anda nikmati keindahan alamnya bersama keluarga atau sahabat, selamat berlibur!

Tag: