Tirta Gangga, taman air indah dengan berbagai kolam dan ornamen masa lalu

Tirta Gangga adalah sebuah obyek wisata yang  berupa taman air yang terletak di desa Ababi, kecamatan Abang, kabupaten Karangasem. Saat memasuki objek wisata ini pengunjung akan di sambut oleh kolam ikan yang di bagian tengah kolamnya terdapat banyak patung prajurit yang sedang memegang gada. Untuk menjelajahi kolam terdapat petak-petak kecil yang bisa di gunakan berjalan di atas kolamtersebut, petaknya berbentuk segi enam dan saling berderaetsatu dengan yang lainnya sehingga memudahkan pengunjung.

Lepas dari kolam ikan, pengunjung akan di melihat  menara air yang letaknya tepat berada di tengah taman kecil yang berbentuk bundar yangserta dikelilingi sepuluh patung prajurit yang memegang gada, jika di perhatikan menara air ini terlihat seperti kuncup bunga teratai dengan tinggi 10 meter dan berbentuk meru tumpang solas.

Dari puncak menara, air mengalir dan jatuh melewati setiap tumpangnya. Sementara pada areal taman yang terletak sebelah kanan dari pintu masuk taman, terdapat mata air yang terlindung dbawah naungan pohon beringin besar. Sumber mata air ini sering di pakai untuk air suci yang digunakan untuk sembahyang. Selain itu juga di gunakan sebagai sumber air minum untuk warga Karangasem.

Sementara pada bagian bawah dari sumber mata air terdapat 2 kolam jernih yang salah satu diantaranya di gunakan untuk kolam renang bagi umum. Yang menarik dari kolam ini adalah desainnya yang masih berpola masa lalu dimana bahannya terbuat dari batu padas serta memiliki kedalaman yang berbeda. Pada bagian barat kedalamannya dangkal sehingga bisa di gunakan untuk tempat berenang anak-anak, sementara baian timur kolam lebih dalam dan di gunakan oleh orang dewasa.

Dan kolam satunya lagi dari 2 kolam tersebut adalah kolam ikan yang luasnya sekitar 50 x 20 meter persegi, dan dihuni oleh berbagai macam ikan hias beragam rupa, kolam ini juga dihubungkan oleh sebuah sebuah jembatan yang terbuat dari batu padas dan di hiasi oleh  empat patung naga pada setiap sisinya. Sementara di ujung barat taman ini terdapat sebuah bale bengong yang berukuran cukup besar, bale bengong ini adalah tempat yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat dan menikmati kolam dan keadaan di sekitar Tirta Gangga.

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,